Ciri khas busana Soekarno yang ikonik dan dikenal lekat dengan memori bangsa dan dunia. (Istimewa)
Ciri khas busana Soekarno yang ikonik dan dikenal lekat dengan memori bangsa dan dunia. (Istimewa)

Setiap pemimpin memiliki ciri khas tertentu dalam memilih busananya. Baik pakaian, topi maupun aksesoris lainnya. Ciri berbusana tersebut lambat laun menyatu bersama para pemakainnya. Menjadi identitas diri yang begitu melekat dalam memori khalayak banyak. 

Busana dan aksesoris ikonik apa saja yang tak lekang oleh zaman yang dipakai oleh para pemimpin negara maupun daerah ini. MalangTIMES merangkumnya dari beberapa tokoh tersebut untuk anda.  

1. Setelan Jas Putih Soekarno

Siapapun tentu akrab dengan penampilan necis Presiden pertama RI ini. Setelan jas putih yang rapi yang dikenakan Soekarno di berbagai acara dalam dan luar negeri, menjadi ciri khasnya. Tak lupa dengan peci hitam, sesekali kaca mata hitam, serta tongkat kebesarannya yang tak pernah lepas dari tangannya. Pemakaian busana dan aksesorisnya  tersebut menjadi ciri khas yang sangat ikonis sampai saat ini.

Gaya berpakaian Bung Karno ini sampai membuat Rudolf Mrázek, seorang Professor Sejarah di University of Michigan, memberikan istilah bagi sosok pemimpin kharismatik yang dimiliki bangsa Indonesia ini sebagai Indonesian dandy.

2. Topi Datar Vladimir Ilyich Lenin 

Tokoh Revolusi Bolshevik di Rusia yang juga merupakan seorang politikus dan penggagas teori politik Leninisme ini memiliki ciri khas dalam berbusana yaitu topi datarnya yang ikonis. Topi datar Lenin tidak saja dikenakan sejak dia hidup. Di berbagai monumen berupa patung Lenin pun, topi datar ini selalu ada. Saking ikoniknya topi Lenin, generasi saat ini masih banyak yang memakai model topi tersebut sebagai pelengkap busana bergaya. 

3. PDL Militer Castro

Pemimpin revolusioner Kuba Fidel Castro adalah salah satu tokoh dengan busana yang ikonik. Pakaian Dinas Luar (PDL)  Militer berwarna hijau tua plus topi PDL-nya telah menjadi gaya yang terus hidup sampai saat ini.

Ciri khas Castro tersebut menjadi trend bagi masyarakat yang tidak ingin terlalu dikekang oleh pakem berbusana yang ditentukan oleh segelintir manusia. Dalam busana Castro ada perlawanan dari kaum bawah serta sikap pantang untuk tunduk kepada siapapun. Kebebasan dalam kesederhanaan model busana ini telah banyak menginspirasi masyarakat dunia. 

4. Nehru Collar Jawaharlal Nehru 

Busana Jas Jawaharlal Nehru pernah dinasbihkan oleh Majalah Time sebagai  10 besar busana politik global. Jas dengan model baju khas India, achkan, yang mirip jubah ini ternyata banyak diikuti oleh masyarakat dunia. 

Selain jas,  Nehru Collar atau kerah dengan ujung bulat 

yang berasal dari kebiasaan berbusana perdana menteri pertama India ini,  menjadi trend dalam dunia fesyen.  

5. Jas Mao dari Mao Zedong 

Pernah dengar jas Mao atau Mao Jacket? Ini adalah jas tunik modern yang diambil dari corak dan gaya khas berbusana pendiri negara Republik Rakyat Tiongkok. Lewat gaya berbusananya tersebut,  Mao telah menginspirasi apa yang kini dikenal dengan Mao Jacket atau Jas Mao. 

6. Busana Overall Kim Jong-Il 

Siapa sangka gaya berbusana mantan pemimpin Korea Utara bergaya overall dari Kim Jong il ini ternyata disukai dunia fesyen. Busana Overall dengan ritsleting atau kancing tarik bergaya militer yang serasi dengan warna celana ini ternyata bertahan bahkan menjadi trend sampai saat ini. 

7. Fashion Freak Ala Moammar Khadafi

Khadafi adalah tipikal lelaki yang memiliki selera unik dalam memilih busana. Mantan pemimpin Libya ini begitu senang mengkombinasikan beragam gaya berbusana. Dari gaya eklektik hingga gaya rebel ala Christian Lacroix yang eksentrik. Sampai Majalah Vanity Fair menyebutnya sebagai seorang dictator chic atau fashion freak. 

8. Batik Nelson Mandela 

Batik bukan sekedar milik kita. Di Afrika Selatan, batik atau yang disebut Madiba Shirt sangat terkenal. Madiba Shirt ini merupakan busana khas Presiden Afrika Selatan tahun 1994 yang juga merupakan tokoh paling gigih dalam perlawanan anti apartheid. Sejak terpilih menjadi presiden,  Mandela tidak pernah meninggalkan busana ciri khasnya tersebut.  

9. Kemeja Putih Jokowi 

Jokowi adalah anti mainstream dalam berbusana sebagai seorang presiden. Sikapnya yang sederhana dan merakyat,  membuatnya menanggalkan kebesaran berbusana ala presiden. Kemeja putih lengan panjang yang digulung hingga siku menjadi ciri khasnya selama ini. 

Kemeja putih inilah yang kini juga menjadi busana resmi ASN setiap satu minggu sekali serta disukai kalangan masyarakat banyak. 

10. Peci Hitam Rendra Kresna

Bagi anda masyarakat Jawa Timur (Jatim) terutama Kabupaten Malang, tentunya tidak asing dengan busana khas Bupati Malang Rendra Kresna yang selalu dikenakannya di setiap kegiatan apapun. Yaitu peci hitam yang kemanapun selalu Rendra kenakan. 

Kecintaannya kepada peci hitam, telah lahir sejak Rendra masih kuliah dan bekerja di PG Kebon Agung. Sampai kini menjadi bupati terpilih dua periode, Rendra setia dengan peci hitamnya. "Kalau saya tidak pakai peci, banyak warga yang malah pangling dengan saya," ucap Rendra.