(foto: Instagram @seviqfebinita)
(foto: Instagram @seviqfebinita)

Berkecimpung di satu bidang memang butuh tekad kuat. Tidak menempuh sekolah atau kursus di bidang tersebut bukanlah sebuah alasan. Kemauan belajar dan pantang menyerah adalah kunci. Inilah yang dipraktikkan Seviqe Rahma Febinita. 

Sev, panggilannya, mengaku belajar rias wajah tanpa kursus. Malah Sev mempraktikkan di wajah sendiri. Hasil riasan wajah mandiri dia dokumentasikan dan dia unggah ke YouTube. "Nggak belajar gimana-gimana. Aku praktik make up ke wajah sendiri dulu. Lalu sisanya aku selama tiga bulan tiap bangun dan mau tidur liat tutorial make beauty vlogger lain di YouTube," cerita mahasiswi Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) ini kepada MalangTIMES.

Wanita kelahiran 15 Februari 1997 itu mempraktikkan rias wajah di YouTube. Jumlah subscribers alias penonton setia chanel miliknya terbilang lumayan. Ada 11.000 lebih penonton setia chanel YouTube Seviq Febinita. "Awalnya sih tentang make up lama-lama nyoba konten yang lagi ngetren juga. Pokoknya kalau main di YouTube aku enggak jauh-jauh dari make up dan fashion," jelas dia.

Menurut Sev, penonton YouTube cenderung menyukai gaya make up yang barbie look. Make up ala boneka barbie paling banyak ditonton. "Kalau aku bikin tutorial make up ala boneka barbie, yang lihat sampai 200 ribu ke atas. Malah yang natural look nggak banyak sih yang nonton," akunya.

Make up barbie adalah teknik rias wajah yang mengubah wajah seorang wanita anggun nan cantik layaknya boneka barbie. Ciri dari make up ini adalah penggunaan foundation atau alas bedak cukup tebal. Seiring waktu, tren ini juga berkembang menjadi riasan wajah pengantin. Riasan pengantin ala barbie ditambahkan dengan gaun bak cinderella dan mahkota.

Berkat kemampuan merias wajah, Sev menerima job yang cukup banyak. Pada momen wisuda, Sev banjir order make up. Selain job, kursus make up yang ia bina juga banyak diminati. Dua bulan ke depan jadwal kursus make up Seviq pun penuh. "Kursus yang lagi ramai sekarang jadi dua bulan ke depan udah full semua jadwalnya," ungkap Sev.

Bukan hanya pekerjaan di bidang make up. Wajah cantik Sev rupanya membuat onlineshop melirik dia. Sev menerima tawaran endorsement atau promosi produk. Setiap bulan ada puluhan barang yang harus ia foto dan unggah ke media sosial. "Jumlah barang endorse enggak menentu sih. Rata-rata ada 30 sampai 50 barang setiap bulannya," tutup pemilik akun Instagram @seviqfebinita ini. (*)