Robbit Worm Monster. (Sumber: youtube)
Robbit Worm Monster. (Sumber: youtube)

Jangan menganggap remeh hewan cacing. Sebab cacing-cacing ini memiliki kemampuan yang luar biasa untuk memburu mangsanya. Berikut deretan cacing-cacing dengan kemampuan unik yang luar biasa.

1. Robbit Worm Monster

Spesies cacing yang hidup di dasar lautan ini dikenal dengan nama ilmiah Eunice Aphroditois. Pada video Bali Secret Diving Safaris memperlihatkan di mana cacing ini menangkap ikan dengan sangat cepat untuk dimangsa. Cacing ini merupakan salah satu predator mengerikan di dasar laut. 

Dengan panjang tubuh hampir 3 meter, namun siap memangsa hewan yang besar di sekitar mereka dengan menampakkan tubuhnya beberapa centimeter. Sedangkan sisa tubuh disembunyikan di bawah pasir. Mereka hanya menggunakan 5 antena di bagian kepala karena tidak memiliki mata. 

Setelah hasil buruan tertangkap, cacing bobbit ini akan menarik mangsanya ke dalam pasir dan memangsanya di sana.

2. Hammerhead Worm

Cacing yang dikenal dengan cacing kepala martil ini disebut demikian karena menyerupai martil bukan cuma tubuhnya yang aneh, organ kepala cacing ini juga tidak biasa.

Cacing ini memiliki sebuah lubang di bagian bawah tubuh yang berfungsi sebagai mulut sekaligus anus. Cabang usus mereka tersebar di seluruh tubuh untuk menyebarkan nutrisi karena cacing tidak memiliki sistem peredaran darah. 

Sehari setelah makan, cacing kepala martil akan mengeluarkan kotoran melalui saluran yang sama untuk makan. Saat makan lubang multi guna itu akan membentangkan taring seperti lembaran berlapir kelenjar akan mengeluarkan enzim sehingga mereka bisa menyedot daging setelah lunak.

3. Velvet Worm 

Kalau jenis cacing ini juga memiliki kemampuan yang luar biasa. Cacing belubru ini merupakan cacing 180 spesies yang berbeda. Bisa menemukan cacing di hutan tropis bagian selatan. Bentuk cacing ini juga berbeda dengan lainnya. Memiliki panjang 6 centimeter dengan tekstur kulit bergaris dengan kaki berbentuk segitiga berjumlah cukup banyak.

Selain itu memiliki mata kecil dan dua antena di kepalanya. Dan memasang hewan kecil seperti serangga. Untuk menangkap mangsanya cacing ini akan menyemprotkan seperti lem menjulur dibawah antena Seketika mangsa akan dilumpuhkan.