Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban S.IK menyempatkan diri bertemu warga saat malam pergantian tahun (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban S.IK menyempatkan diri bertemu warga saat malam pergantian tahun (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Secara umum kegiatan masyarakat dalam perayaan pergantian tahun di Lumajang berlangsung aman, bahkan cenderung tak terlalu ramai. Ini disebabkan, di Lumajang turun hujan yang menyebabkan warga malas keluar rumah.

Walau demikian, aparat keamanan tetap menjalankan tugas pengamanan malam pergantian tahun baru sesuai dengan perencaan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Disamping melakukan pengamanan disejumlah titik yang dianggap rawan, patroli polisi juga berkeliling kota, untuk memastikan seluruh pusat kota dalam kondisi aman.

Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban S.IK dalam sambungan telepon dengan media ini, Minggu (31/12) malam mengatakan, seluruh rencana pengamanan bersama jajaran TNI dan instansi lainnya tetap dilaksanakan sesuai dengan perencanaan.

“Kita tetap melakukan pengamanan maksimum, karena biasanya wilayah kota menjadi konsentrasi massa. Namun pada malam ini sepertinya landai-landai saja, tidak terlalu banyak masyarakat menuju ke kota,” kata Kapolres Lumajang.

Untuk pengamanan ini Kapolres Lumajang bersama Dandim 0821 Lumajang bahkan kelilin kota dengan menggunakan motor untuk memastikan seluruh titik dalam kondisi aman.

Patroli langsung oleh Kapolres ini diikuti oleh 25 pasukan dari Polres Lumajang yang juga menggunakan motor, bahkan ada Polwan yang menggunakan sepeda.

“Sampai pergantian tahun pukul 01.00 dini hari, situasi tetap aman. Masyarakat terpecah dibeberapa titik karena hujan. Saya juga menemui warga dibeberapa titik dimana kami berhenti,” kata Kapolres Lumajang kemudian.