Ilustrasi  gunung angker (daftar populer)
Ilustrasi gunung angker (daftar populer)

Bagi kalian yang hobi mendaki gunung, mungkin sudah tidak heran jika setiap gunung memiliki sisi misteri yang berhubungan dengan hal gaib. Selain itu, beberapa pendaki sendiri pernah mengalami hal-hal gaib saat melakukan pendakian di gunung-gunung tertentu.

Dan di Indonesia sendiri, begitu kaya akan gunung indah, baik  yang masih aktif atau tidak. Di Pulau Jawa khususnya, terdapat beberapa gunung yang memang menjadi favorit pendakian, namun beberapa gunung memiliki mitos atau keangkeran.

Inilah 10 gunung di Indonesia yang dikatakan terkenal karena keangkerannya seperti dirangkum dari channel Youtube Daftar Populer.

1. Gunung Salak.

Gunung yang berada di Jawa Barat ini memang sudah lama terkenal akan keangkerannya. Gunung ini kembali bertambah terkenal keangkerannya karena peristiwa jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 pada 9 Mei 2012 silam.

Kecelakaan pesawat tersebut menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawat. Tidak sedikit yang menyebut jatuhnya pesawat itu dipengaruhi hal-hal mistis karena di Gunung Salak banyak dihuni makhluk tak kasat mata.

Selain itu, informasi yang didapat, ternyata tak hanya pesawat Sukhoi  yang pernah mengalami kecelakaan di gunung ini. Ada pesawat lain serta beberapa pendaki yang sempat mengalami kecelakaan di gunung ini.

2. Gunung Ciremai

Gunung di Jawa Barat ini tak hanya terkenal karena keindahan alamnya, namun juga terkenal karena keangkerannya. Hal-hal mistis menyelimuti gunung yang menjadi salah satu destinasi favorit para pendaki ini.

Gunung ini juga terkenal dengan sebuah lintasan yang dikenal dengan nama kuburan kuda. Kuburan kuda merupakan sebuah lintasan menuju puncak. Jika berjalan di sana, terdengar mirip dengan derap kuda.

Walaupun dalam kenyataannya tidak terdapat kuda yang berjalan, banyak yang menyebut itu merupakan arwah kuda para prajurit Jepang yang dulu tewas di Gunung Ciremai.

Selain itu, di gunung tersebut terdapat spot Bapa Tere yang diwaspadai para pendaki. Tanjakan tersebut memiliki  misteri tersendiri. Bermula dari sebuah cerita tentang adanya pembunuhan seorang anak oleh bapak tirinya dan kemudian jasadnya dibuang di daerah tersebut.

Tak hanya itu itu. Di Gunung Ciremai, santer kabar menjadi tempat pembuangan para romusha Jepang. Sehingga hal itu juga semakin menambah misteri keangkeran Gunung Ciremai.

3. Gunung Halimun

Gunung ini terkenal sebagai benteng kerajaan Prabu Siliwangi yang terkenal sakti. Maka tidak heran jika Gunung Halimun dikatakan sebagai gunung yang wingit atau angker di Pulau Jawa.

Letaknya yang tak jauh dari Gunung Salak juga membuat Gunung Halimun agak berselimut aura mistis. Bahka kabarnya di gunung ini juga terdapat satu daerah yang sangat sakral dan mistis. Jika ada orang yang nekat melewatinya, akan terjadi sesuatu yang tak terduga.

4. Gunung Lawu

Gunung yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur ini juga tak kalah memiliki aura keangkeran atau aura mistis dengan beberapa gunung lainnya.

Di Gunung Lawu juga terdapat banyak makam  yang dikatakan merupakan makam raja-raja terdahulu. Sehingga tidak ada pendaki yang boleh melakukan pendakian sembarangan atau akan fatal akibatnya jika melanggar.

5. Gunung Merapi

Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Jogjakarta ini semakin tersohor setelah aktif dan membuat desa-desa di lereng sekitarnya menjadi desa mati. Gunung ini diyakini masyarakat sekitar sebagai tempat berkumpulnya arwah para leluhur. 

Jika terdapat pendaki yang melakukan hal-hal buruk atau melanggar aturan setempat, maka dampaknya akan fatal. Mereka bisa tersesat bahkan sampai bisa meninggal.

Di tempat ini, terdapat sebuah spot bernama Pasar Bubrah. Tempat tersebut dianggap tempat angker karena merupakan lokasi berkumpulnya makhluk tak kasat mata.

6. Gunung Cikurai

Gunung ini berlokasi di Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 2.218 meter ini memiliki sisi mistis dan dikeramatkan oleh warga sekitar karena di sana terdapat satu makam yang diyakini merupakan makam sesepuh Cikurai.

Penduduk di sekitarnya menyabut, .enjelang petang, sering terdapat penampakan sosok perempuan yang menggunakan baju putih dan berwajah gelap.

7. Gunung Arjuno

Bagi yang berada di Jawa Timur, tentunya sudah tidak asing lagi dengan gunung ini. Gunung Arjuno yang memiliki ketinggian 3.339 meter ini sudah dikenal dengan keangkerannya.

Banyak kisah mistis yang terjadi ketika mendaki gunung ini. Misalnya disapa oleh orang yang tidak dikenal namun tak diketahui orang lain, bertemu sosok aneh, sampai tersesat walaupun sudah hafal jalan.

Di Gunung Arjuno terdapat banyak petilasan pada masa Majapahit. Terdapat dua spot yang terkenal, yakni Alas Lali Jiwo dan Pasar Dieng. Di tempat ini sering terjadi pendaki yang mengalami kejadian aneh akibat diusili oleh makhluk tak kasat mata.

Larangan yang ada di gunung tersebut, yakni tak boleh melakukan pendakian dengan jumlah orang yang ganjil. Juga tidak boleh melakukan pendakian dengan memakai baju warna merah.

8. Gunung Rinjani

Gunung yang di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Rinjani memang memiliki keindahan yang begitu eksotis. 

Walaupun memiliki pemandangan yang indah dan menawan, gunung ini menyimpan kisah mistis yang tak kalah dengan gunung lainnya. Menurut mitos yang tersebar, nama gunung Rinjani sendiri berasal dari nama seorang wanita yang bernama Dewi Anjani. Dewi Anjani sendiri merupakan penguasa Gunung Rinjani. Dia lahir dari hasil hubungan manusia dan jin serta masih keturunan dari Kerajaan Selaparang.

Tak hanya menjadi penguasa Gunung Rinjani. Dia juga merupakan ratu jin di daerah Gunung Rinjani. Agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, terkadang di Gunung Rinjani juga digelar ritual khusus.

9. Gunung Semeru

Gunung tertinggi di Jawa ini merupakam destinasi favorit dan populer bagi para pendaki seantero Indonesia.  Namun di sisi lain, meskipun favorit para pendaki, tempat ini ternyata juga menyimpan sisi mistis.

Mereka yang melakukan pendakian secara sembarangan dan melanggar pantangan akan dibuat hilang arah, khususnya di dataran lapang bernama Arca Kembar.

10. Gunung Agung

Bagi yang pernah ke Pulau Dewata Bali, mungkin tahu gunung ini. Walaupun jarang diekspos dan bukan menjadi salah satu destinasi wisata pendakian gunung yang populer, gunung ini memiliki pantangan khusus bagi orang-orang yang mendakinya.

Yaitu dilarang membawa makanan yang mengandung daging sapi. Selain itu, para pendaki dilarang untuk mendaki gunung pada saat hari besar Hindu, serta memakai baju berwarna merah saat mendaki, sampai wajib permisi jika akan lewat maupun saat buang air di gunung tersebut.