Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohanna Yambise, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019) malam.
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohanna Yambise, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019) malam.

Setelah enam kali berturut-turut mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) di tingkat pratama, akhirnya Kota Batu kini untuk ke tujuh kalinya predikat itu naik tingkat menjadi madya.

Penghargaan itu langsung diterima Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso yang langsung diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohanna Yambise, saat puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 yang diselenggarakan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019) malam. 

Punjul mengatakan, diterimanya penghargaan predikat Madya ini setelah Kota Batu melalui beberapa tahapan dan verifikasi. Mulai dari verifikasi mandiri, verifikasi administrasi, verifikasi lapangan dan verifikasi final oleh tim penilai yang terdiri dari 11 kementerian dan lembaga independen.

“Penghargaan ini telah meningkat dari tahun lalu yang mendapat predikat Pratama. Ini diperoleh karena kerja keras dan keselarasan antar dinas yang bekerjasama untuk memberikan Pendidikan, Kesehatan, dan hiburan kepada anak-anak generasi masa depan Kota Batu,” kata Punjul.

Kota Layak Anak merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Menurut Undang-Undang tersebut, kabupaten/kota bertanggung jawab dan wajib melaksanakan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Menurutnya, KLA merupakan salah satu tahapan untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030. Sedang dalam penilaian KLA, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak membagi lima kriteria yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA.

“Ya semoga di tahun mendatang penghargaan ini bisa terus dipertahankan atau bisa naik tingkat lagi,” harap pria yang juga Ketua DPC PDIP ini.