Ketua DPC PKB Kota Blitar, Yasin Hermanto (4 dari kiri) bersama Kiai dan Kader-kader NU
Ketua DPC PKB Kota Blitar, Yasin Hermanto (4 dari kiri) bersama Kiai dan Kader-kader NU

Seluruh kader Nahdhatul Ulama (NU) di Kota Blitar  mengikuti pendidikan kader penggerak Nahdlotul Ulama (PKP NU) Angkatan ke III.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, Jumat-Minggu (8-10/11/2019) di Pondok Pesantren Yayasan Masjid Ar Rohman, Kelurahan Pakunden, Kota Blitar.

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Blitar sekaligus kader NU, Yasin Hermanto, mengatakan, Pendidikan Kader Penggerak ini untuk mecetak kader NU yang tangguh dalam menyebarkan faham Ahli Sunah Warjamah An-Nahdliyin. 

Dalam PKPNU ini peserta mendapat paparan materi dari narasumber PBNU Jawa Timur.

”Total selama 3 hari ada 9 narasumber. Beberapa materi yang disampaikan diantaranya tentang peristiwa perang 10 November yang sekarang kita peringati sebagai Hari Pahlawan,” jelas Yasin Hermanto kepada BLITARTIMES.

Dikatakannya, selain kader NU dari dalam dan luar Blitar, PKP NU ini juta diikuti oleh kader PKB.

Puncaknya, kegiatan ini ditutup dengan dibaiat oleh para Kiai di halaman Makam Presiden pertama RI Ir Soekarno (Bung Karno).

“Diharapkan para kader NU bisa meneladani dan meneruskan heroisme semangat kepahlawanan yang ditunjukkan oleh pejuang kemerdekaan. Sebagaimana diketahui NU punya peran penting di perang kemerdekaan melalui Resolusi Jihad yang dimotori KH Hasyim Asy’ari,” paparnya.

Yasin menambahkan, para sesepun dan Kiai NU berharap PKP NU ini dapat memperkokoh dan memperkuat ideologi NU. 

Sehingga kader NU terhindar dari ajaran-ajaran yang menyimpang, salah satunya faham yang merongrong dan memecah belah NKRI.

“Akhir akhir ini NU mulai digerogoti oleh aliran dan faham lain, dalam menghadapi perang ideologi ini dibutuhkan kader NU yang memiliki militansi yang tinggi dan tangguh. PKP NU ini mencegah radikalisme, mencegah khilafah dan faham menyimpang lainnya,” tandasnya.

Lebih dalam Yasin menyampaikan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih para kader NU dalam memperbaiki SDM (Sumber Daya Manusia) sekaligus meningkatkan kecintaan terhadap NU. Sehingga bisa menumbuhkan semangat dalam membesarkan organisasi.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini para kader NU ini bisa semakin memantapkan diri untuk berkhidmah dalam organisasi NU. Sehingga ke depan, organisasi NU di Kota Blitar bisa semakin maju dan berkembang serta mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemasalahatan umat,” harapnya.(*)