Pelaku saat diperiksa anggota Polsek Jombang (foto : Ulum / JatimTIMES)
Pelaku saat diperiksa anggota Polsek Jombang (foto : Ulum / JatimTIMES)

Agus Widianto (42) warga Dusun Krajan Desa Yosowilangun Kidul Lumajang, menjadi bulan-bulanan warga di Dusun Krajan Desa Padomasan Jombang, ia ditangkap warga saat berusaha membawa kabur sebuah handphone yang ia rampas dari Tri Erna Maulid Diana (23) bumil (ibu hamil) yang juga warga Padomasan Jombang Jember.

Tertangkapnya Agus Widianto ini juga karena korban nekat mengejar pelaku setelah si pelaku mengejek korban dengan ngiming-ngimingi HP yang baru saja dirampas darinya, ketika korban baru pulang dari acara di Yosowilangun.

“Saya waktu itu pulang dari Yosowilangun mas, tiba-tiba ada orang yang tidak saya kenal memepet saya dari kiri dan merampas handphone saya, karena reflek, pelaku saya kejar, eh di tengah jalan, pelaku malah mengejek saya dengan menunjukkan HP saya,” ujar Tri Erna.

Tidak hanya di situ, usai merampas, pelaku bukannya terus kabur ketika tahu dikejar, ia justru berhenti dan mendatangi korbannya. “Saat ia mendatangi saya, bajunya saya tarik dan ia terjatuh, lalu kakinya saya gigit, beruntung ada beberapa warga yang menolong sebelum mobil patroli lewat,” beber Tri Erna.

Saat ditangkap warga dan dipukul ramai-ramai, pelaku sempat mengecoh dengan membuang handphone yang dirampasnya ke selokan, namun ketika diamankan polisi, pelaku mengakui kalau ia merampas handphone milik korban.

“Pelaku sempat membuang handphone saya ke selokan, meski saya hamil tua, saya tetap nekat melawan, bahkan warga di sini sempat menghakimi pelaku dengan kesal, karena merampas hp milik saya yang hamil tua,” ujarnya.

Sementara, Bripka Fandi Lora SH anggota Polsek Jombang yang menangani kasus ini membenarkan jika pihaknya mengamankan pelaku jambret handphone milik ibu hamil tua.

"Benar kami amankan pelaku bersama barang bukti sebuah handphone merk Samsung dan pelaku semalam kita bawa ke Mapolsek setelah tertangkap oleh korban yang notabene ibu hamil tua asal Padomasan, kami bersama anggota lain kebetulan melintas di kawasan tersebut melihat keramaian dan kita datangi kita ringkus pelaku dan sekarang kita melakukan penyidikan dan pelaku sendiri mengaku jika bekerja sendiri,” ujar Fandi Selasa (10/12/2019).

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan sebuah motor Mio warna hitam dengan plat nomor belakang dilepas yang merupakan sarana pelaku dalam menjalankan aksinya, serta handphone milik korban. 

“Pelaku mengaku berkata terdesak kebutuhan ekonomi dan berdalih membantu orang tua, apapun itu, pelaku sudah melakukan tindakan pidana," pungkasnya. (*)