Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Makin dekatnya pembangunan jalan tol Probolinggo Lumajang diharapkan menjadi pemicu bangkitnya Kabupaten Lumajang untuk terus lebih maju, termasuk didalamnya sektor pariwisata dan investasi lainnya.

Terkait kemajuan Kabupaten Lumajang, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq menyebut potensi Kabupaten Lumajang untuk maju sebenarnya sudah ada sejak lama, namun selama ini terlambat dalam pengembangan gagasan untuk meraih kemajuan itu.

"Potensi kita besar, apalagi pariwisata. Hanya saja ide untuk mengembangkan potensi itu rasanya kita ini terlambat. Daerah lain sudah lebih dulu memanfaatkan ide kemajuan itu menjadi program yang lebih riil, kita baru akan mulai. Ini saja masalahnya," kata Bupati Lumajang.

Oleh karena itu, masih kata Bupati Lumajang, rencana pembangunan jalan tol Probolinggo Lumajang, penyelesaian jalan lintas selatan yang akan melewati kawasan selatan Lumajang harus disambut dengan baik, tidak hanya oleh pemerintah kabupaten Lumajang, namun oleh masyarakat Lumajang secara umum.

"Dikawasan selatan Lumajang kita memiliki pantai yang membentang dari Tempursari sampai Yosowilangun. Ini potensi kita. Pemerintah pusat sudah menyiapkan infrastruktur, kita harapkan ini bisa menjadi pengungkit kemajuan bagi wilayah selatan Lumajang," kata Bupati Lumajang kemudian.

Oleh karena itu, seiring dengan pengembangan infrastruktur ke arah Lumajang yang akan semakin membaik, Pemkab Lumajang juga akan menyikapinya dalam bentuk penyiapan infrastruktur dan pogram pendukung lainnya.

"Banyak yang bisa kita kerjakan, namun tentu saja tidak semuanya dalam tahun 2020, butuh waktu, perencanaan yang tepat sampai kepada penganggaran yang memadai. Tapi tak ada pilihan, pembangunan sarana pendukung berupa infrastruktur itu harus kita lakukan, agar gagasan ini semakin nyata di masyarakat," paparnya kemudian.

Dijelaskan, gagasan kemajuan untuk Kabupaten Lumajang harus diwujudkan dalam waktu yang cepat untuk memaksimalkan potens yang ada menjadi kemakmuran masyarakat Lumajang.

"Pilihannya dengan cepat dan terencana, gagasan-gagasan itu harus segera kita realisasikan," tegasnya kemudian.