AKBP Yade Setiawan Ujung,SH.,S.IK
AKBP Yade Setiawan Ujung,SH.,S.IK

AKBP Yade Setiawan Ujung telah menakhodai Polres Malang selama lebih dari 3 tahun. Selama di bawah kepepimpinannya itu, Polres Malang banyak menorehkan prestasi. 

Berdasarkan surat telegram Kapolri nomor ST/388/II/KEP./2020 tanggal 3 Februari 2020, AKBP Yade Setiawan Ujung akan digantikan oleh AKBP Hendri Umar yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubag Bungkol Spripim Kapolri.

Selasa (4/2/2020) Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Nining Kusumawati menuturkan bahwa selama masa kepemimpinan Ujung, Polres Malang banyak perubahan. "Baik dalam pembangunan maupun inovasi-inovasi program, yang manfaatnya bukan cuma dirasakan oleh anggota Polres Malang tetapi juga oleh warga masyarakat Kabupaten Malang," ujar Nining.

Melihat kembali ke belakang, pria yang akrab dipanggil Ujung ini menjabat sejak November 2016. Di bawah kepemimpinan Ujung, dia mencanangkan Program 77 Unggul dimana sebagai jabaran teknis Program Promoter Kapolri yang mampu membawa Polres Malang lebih baik lagi. 

Dianggap telah dapat memberikan rasa aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Malang, September 2017 Ujung mendapatkan penghargaan dari Rendra Kresna, Bupati Malang saat itu. 

Tak cukup penghargaan itu, melalui kinerja Ujung beserta jajaran anggota, pada Desember 2017 Polres Malang kembali mendapatkan penghargaan. Penghargaan kali ini diberikan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) atas kinerja Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) terbaik yang lebih dari Rp 120 miliar dengan predikat kategori A.

Selanjutnya di awal tahun 2018, Polres Malang kembali mendapatkan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) atas pelayanan publik dengan predikat sangat baik. Bulan Mei 2018, Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang sekarang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada Polres Malang sebagai Satgas Nusantara Terbaik di bawah kepemimpinan Ujung. Lanjut di tahun 2018 Polres Malang juga berhasil memperoleh penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Menginjak tahun 2019 Polres Malang kembali mendapatkan prestasi sebagai Satuan Kerja (SatKer) Terbaik dalam Pengelolaan Anggaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019 yang diberikan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Provinsi Jawa Timur. 

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI) juga memberikan penghargaan kepada Kapolres Malang sebagai Promoter Award sebagai Kapolres Teladan. 

Akhir tahun 2019 tepatnya bulan November Polres Malang kembali menorehkan prestasi tentang pelayanan publik nilai tertinggi yakni dengan nilai A kategori Pelayanan Prima. Serta di bulan Desember 2019 Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) kembali memberikan penghargaan kepada Polres Malang sebagai Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kabarnya Ujung yang juga pernah meraih Bintang Tri Sakti Wiratama Emas ini akan menempati posisi jabatan baru mengemban amanah sebagai Wakapolrestabes Bandung. 

Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Nining Kusumawati berharap agar Ujung amanah.

"Harapan kami Pak Ujung bisa amanah pada jabatan baru, semakin sukses karirnya dan suatu saat dapat kembali berdinas di Polda Jatim dengan pangkat dan jabatan yang baru," tutup Nining.