Husni Tahir Ketua Komisi I DPRD Trenggalek
Husni Tahir Ketua Komisi I DPRD Trenggalek

Sepertinya Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Trenggalek masih kebingungan dalam perencanaan pelaksanaan kegiatan tahun 2020. Pasalnya dalam perencanaan masih belum sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) yang ada.

Rencana pelaksanaan tahun ini hanya fokus pada Pembangunan fisik. Padahal jika mengacu pada Perda, rencana penanganan sampah harusnya mempunyai efek jangka panjang dan bermanfaat bagi masyarakat.

Husni Tahir Ketua Komisi I DPRD Trenggalek menerangakan bahwa implementasi Perda dalam rencana di tahun ini masih jauh di luar target. Bahkan dinas sepertinya belum mengerti bagaimana mengimplementasikan perda.

"Dari pemaparan PKPLH ternyata masih menggambarkan bahwa belum mengerti bagaimana mengimplementasikan Perda," ucap Husni Tahir Hamid Ketua Komisi I DPRD Trenggalek usai rapat, Selasa (04/02/20).

Husni menambahkan seharusnya jika mengacu pada Perda, PKPLH seharunya merancang bagaimana memberdayakan masyarakat lewat pemanfaatan sampah yang masih bisa didaur ulang.

"Seharusnya berdayakan masyarakat dengan membentuk bank sampah. Bagaimana menyadarkan masyarakat agar sampah yang dihasilkan paling tidak memberi kontribusi cicilan PBB untuk masyarakat," cetus Husni.

Dan itu semua sepertinya belum tercermin di PKPLH Kabupaten Trenggalek, pasalnya perencanaan tahun ini masih didominasi oleh proyek bangunan fisik dengan pembangunan TPA di beberapa kelurahan dan desa.

"Jadi seharusnya dinas mengupayakan bagaimana menggugah serta memberdayakan masyarakat, bukan hanya sekedar fokus pada proyek fisik," pungkas Husni Tahir.