Soft launching BM Resto & Catering Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh hadirkan diskon 25 persen all varian menu (Foto: Dokumentasi Ponpes Bahrul Maghfiroh)
Soft launching BM Resto & Catering Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh hadirkan diskon 25 persen all varian menu (Foto: Dokumentasi Ponpes Bahrul Maghfiroh)

Bagi kalian warga Kota Malang penikmat makanan khas timur tengah, kini tak perlu jauh-jauh harus ke negara Arab ataupun ke tempat yang jauh hanya untuk mencari sajian itu. Karena, kini kuliner arabic mulai daro nasi biryani, nasi kebuli, nasi goreng kambing, dan nasi talam sudah bisa dijumpai dengan mudah di Pondok Pesantren Bahrul Mgahfiroh.

Rupanya, pondok pesantren yang berada di kawasan Jl Joyo Agung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang baru saja meresmikan BM Resto & Catering Halalan Toyyiban. Di mana, menu-menu khas arabian dan nusantara siap menyambut santapan kenikmatan kuliner itu.

Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, Mohammad Bisri (dua dari kanan) saat peresmian BM Resto & Catering, semalam (Senin, 3/2) (Foto: dokumentasi Ponpes Bahrul Maghfiroh)
 

Hal itu juga semakin menjadikan nuansa pondok pesantren tak hanya belajar mengenai ilmu dakwah. Melainkan, mencetak generasi-generasi santri dengan dunia usaha.

Penanggung Jawab BM Resto and Catering, Agus Susanto menyampaikan awal mula inovasi dibidang kuliner tersebut sebagai salah satu prinsip yang diusung pondok pesantren untuk memunculkan jiwa enterpreneur. Salah satunya, kali inu menyisir ke bidang kuliner.

"Intinya itu prinsip pesantren yang diusung Ponpes Bahrul Maghfiroh ini ingin menciptakan, mengubah tradisi pesantren dengan memunculkan jiea enterpreneur. Sehingga culture pesantren ini berbeda, dan mengajari santri mulai berbisnis, disamping untuk pemasukan pondok," ungkapnya, saat dihubungi MalangTIMES, Selasa (4/2).

Yang membuat BM Resto & Catering tersebut lebih menarik yakni, mengusung konsep halalan toyyiban. Yaitu, dengan menghadirkan khas kuliner halal kepada masyarakat maupun wisatawan di Kota Malang.

Mulai dari proses pengolahan bahan makanan, pemilihan bumbu masak, hingga penyajian telah terjamin kehalalannya. "Misalnya ada ayam, bebek, kambing, memang hewan-hewan ini halal. Tapi, toyyiban-nya belum tentu. Jadi, mulai cara penyembelihan kita awasi secara benar. Kemudian dari pemilihan bumbu-bumbu, itu sudah ada label MUI belum, kalau belum kita nggak berani pakai. BPOM saja misalnya, tidak bisa, kita selektif soal itu," jelasnya.

Dalam proses pengelolaan BM Resto & Catering tersebut, dijelaskannya juga turut mengikut sertakan para santri. Sehingga, mereka akan juga belajar bagaimana manajemen berwirausaha dibidang kuliner. "Sebagian kita melibatkan santri juga, jadi mereka sekalian ikut berwirausaha," imbuhnya.

Nah, meski BM Resto & Catering berlokasi di area halaman depan pondok pesantren Bahrul Maghfiroh. Namun, tempat kuliner ini dibuka untuk umum. Siapapun bisa datang menikmati sajian khas arabian, ataupun nusantara, hingga makanan ringan. 

Memang, menu arabian cukup sulit untuk dijumpai di Kota Malang. Karenanya, BM Resto & Catering menghadirkannya di tengah kota untuk memuaskan penikmat masakan khas timur tengah itu.

"Kalau menu Arabian itu sebenarnya segmen peminat masakan-masakan arab kita nilai cukup banyak, selama ini di Malang adanya di Embong Arab sama di Kota Batu. Saat ini kita hadir di tengah kota," terangnya.

Dan buat kalian yang berkunjung pada tanggal 4 - 10 Februari 2020 ini, di momen soft launching ini ada promo menarik. Karena, untuk semua varian menu akan mendapatkan diskon special 25 persen, tanpa syarat apapun.

"Diskon 25 persen untuk beberapa hari ke depan selama soft launching. Kita ada lebih dari 20 menu makanan Arabian hingga Nusantara yang bisa dinikmati pengunjung," tandasnya.