Polisi melakukan olah TKP di lokasi kandang sapi tempat gantung diri.(Foto : Team BlitarTIMES)
Polisi melakukan olah TKP di lokasi kandang sapi tempat gantung diri.(Foto : Team BlitarTIMES)

Seorang kakek ditemukan anaknya dalam keadaan tidak bernyawa tergantung pada sebuah kayu di kandang sapi, Jumat (28/2/2020). Kakek tersebut diketahui bernama Matali, warga Dusun Sumbertuk, Desa Sumberjo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Menurut Paur Humas Polres Blitar Bripka Didik Dwi Wahyudi, kejadian tersebut bermula saat anak korban, Suprapto, mencari bapaknya yang tak kunjung pulang ke rumah.

“Diketahui sekitar pukul 04.30 WIB, Suprapto mencari bapaknya. Korban ditemukan sekitar pukul 05.15 WIB dalam keadaan gantung diri menggunakan seutal tali tampar berwarna biru di kandang sapi,” terang Didik Dwi.

Suprapto langsung sock mendapati bapaknya meninggal dengan cara gantung diri. Dia pun langsung meminta pertolongan kepada tetangga. Kejadian ini langsung dilaporkan kepada perangkat desa dilanjut laporan ke Mapolsek Kademangan.

Petugas kesehatan bersama tim identifikasi Polres Blitar yang tiba di lokasi langsung memeriksa jenazah korban. Petugas menemukan bekas ikatan pada leher dan sperma yang keluar sebagai ciri-ciri orang meninggal akibat gantung diri.  

Secara tegas, pihak keluarga menolak dilakukan otopsi karena menyadari korban meninggal dengan cara gantung diri. “Menurut keterangan pihak keluarga, korban meninggal gantung diri karena sakit ginjal. Sakit itu sudah lama. Sudah dioperasi tapi tetap tidak sembuh-sembuh juga,” ungkapnya.

Setelah proses identifikasi selesai, jenazah korban diserahkan kepada pihak keluarga.  Jenazah kemudian dimakamkan di tempat pemakaman umum desa setempat.