Dewi Soekarno saat diabadikan oleh fotografer Takeyoshi Tanami di Hotel Okura Tokyo, 1966 (@potretlawas)
Dewi Soekarno saat diabadikan oleh fotografer Takeyoshi Tanami di Hotel Okura Tokyo, 1966 (@potretlawas)

Kecantikan Ratna Sari Dewi Soekarno dengan nama asli Naoko Nemoto (6 Februari 1940) telah menyihir Soekarno. Sang putra fajar yang telah memiliki lima isteri itu pun bertekuk lutut atas pesona Dewi Soekarno. 

1962, Soekarno pun resmi menikahinya dan menjadikan Dewi sebagai istri ke-6 saat dirinya berusia 22 tahun.

Kecantikan Dewi ini pun kerap diabadikan oleh para fotografer kenamaan. Salah satunya adalah Takeyoshi Tanuma yang mengabadikan kecantikannya saat dirinya mendampingi Soekarno, 1966. 

Di usia ke-26 dan dengan balutan kebaya yang menjadi pakaian resminya. Takeyoshi Tanuma memotretnya di kamar hotel Okura Tokyo.

Hasilnya, foto yang diposting ulang akun @potretlawas ini pun jadi perbincangan warganet.

"Berbalut kebaya kegemarannya warna terang: biru, hijau, atau merah. Atasan kebaya tsb lantas dipadukan dg kain Nusantara. Kadang sarung Bali, kadang batik Jawa, atau juga songket. Bahkan, seperti diakui Dewi sendiri, tak jarang kebayanya malah lebih menarik perhatian orang – dibanding Soekarno sendiri," cuit @potretlawas.

Warganet pun ramai mengomentari foto Dewi itu dan menyampaikan, kemiripannya dengan artis kontroversial Nikita Mirzani. 

"Sekilas tadi mirip Nikita Mirzani, kalo ga ada captionnya mungkin uda salah orang," cuit @Grenaldyprayoga.

unaFAILable001 juga menyampaikan hal yang sama. "agak mirip Nikita Mirzani," cuitnya yang juga ditanggapi akun @DikaTreed, "Aku mikirnya sama,".

Tak hanya beberapa akun saja yang menyampaikan kemiripan foto Dewi di tahun 1966 itu serupa Nikita. Banyak warganet lainnya pun menyatakan hal sama. Walau ada juga yang menyatakan, Dewi lebih mirip artis Marsha Timothy. 

"Klo menurut saya sih bukan kyk nikita tp mirip sama marsha timothy....yg foto pake kebaya biru diatas...," cuit @erwingatuso.

Lepas dari hal itu, kecantikan Dewi ternyata memesona warganet. Bahkan, beberapa warganet dibuat heran dengan kecantikan Dewi di era itu. Seperti @aryantiindahh yang menulis, "Masyaallah cantik bgt, jaman dulu belum ada veneer tp giginya bagus..,".

Kini, di usianya yang ke-80, Dewi Soekarno yang pernah dijuluki Dewi Fujin, ternyata tetap memiliki pesona luar biasa. Dirinya masih terlihat aktif dalam berbagai kegiatan dan tentunya dengan gaya yang juga mendapat pujian banyak orang.

@awwwmalubangett, misalnya menuliskan, "sampai sekarang masih cantikk banget sumpah apalagi anaknya cantik banget," cuitnya saat memberikan pujiannya ke Dewi yang masih aktif bermain medsos.

"Lahir February 1940, sekarang berarti 80 tahun dan.... masih pake heels," cuit @opelFNZ.

Akun lainnya, @fahmyfakhrija juga mencuitkan, "Kalo mudanya jaman skrng pasti udah melebihi selebgram2 itu," tulisnya.

Pesona Dewi yang kini berusia 80 tahun, sempat juga membuat gempar masyarakat Indonesia. Saat dirinya berusia 50 tahun, Dewi berpose setengah telanjang di buku foto berjudul "Madame De Syuga" terbit di jepang pada 1998.

Walau mendapat banyak kecaman, Dewi yang saat menjadi model setengah bugil itu dengan enteng menyampaikan,  buku itu merupakan sebuah hasil karya seni yang menunjukkan bahwa perempuan usia lanjut masih memiliki lekukan tubuh yang indah.