Pra Musrenbang RKPD Kota Malang Tahun 2021 (Pipit Anggraeni/ MalangTIMES)
Pra Musrenbang RKPD Kota Malang Tahun 2021 (Pipit Anggraeni/ MalangTIMES)

Proses Pra Musrenbang Kota Malang untuk RKPD 2021 terlihat berbeda dengan Pra Musrenbang tahun-tahun sebelumnya. Karena kali ini, seluruh peserta diajak lebih aktif menentukan program yang ditawarkan melalului diskusi meja kotak.

Setiap meja berisi delegasi Musrenbang Kecamatan dan pada jadwal tertentu akan dipertemukan dengan Perangkat Daerah di Kota Malang. Kondisi itu jauh berbeda dengan proses Pra Musrenbang tahun-tahun sebelumnya, dimana usulan yang ditampung dibacakan di depan audiens.

"Kalau dibacakan di depan itu kurang efektif. Berbeda saat dilakukan diskusi per kecamatan seperti sekarang, temanya akan lebih fokus," kata Kepala Subbagian Perencanaan Sekretariat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, Drias Leusanti di tengah kegiatan Pra Musrenbang RKPD Kota Malang Tahun 2021 di Hotel Savana, Senin (16/3/2020).

Dalam Pra Musrenbang tersebut, menurutnya masing-masing usulan yang disampaikan delegasi Musrenbang Kecamatan akan dibahas bersama dengan masing-masing PD. Selanjutnya PD akan menjelaskan usulan mana saja yang diakomodir dan mana yang tidak.

Dalam diskusi itu juga, alasan sebuah usulan diakomodir atau ditolak akan dibahas. Sehingga juga bisa menjadi acuan bagi masing-masing kecamatan dalam membuat usulan di tahun-tahun berikutnya.

"Jika dalam evaluasi nanti cara ini lebih efektif, maka tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan tahun berikutnya," tambah perempuan berhijab itu.

Hasil kesepakatan antara PD dan delegasi Musrenbang Kecamatan itu selanjutnya akan dibuatkan sebuah berita acara. Selanjutnya kesepakatan bersama tersebut akan ditandatangani oleh ke dua belah pihak.

"Proses selanjutnya nanti Musrenbang, rencananya 19 Maret mendatang," jelas Drias.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam waktu satu hari tersebut tidak hanya dilaksanakan di satu ruangan. Melainkan dilaksanakan di dua ruangan yang berbeda. Ruangan pertama untuk Pra Musrenbang yang melibatkan PD dengan delegasi kecamatan. Kemudian ruangan ke dua lebih konsentrasi pada Pra Musrenbang Tematik.

"Dan besok akan ada Pra Musrenbang dengan kelurahan, dilaksanakan di kantor Bappeda," pungkasnya.

Dalam pantauan MalangTIMES, para peserta Pra Musrenbang terlihat aktif berdiskusi. Masing-masing meja yang mewakili lima kecamatan di Kota Malang dengan aktif menyampaikan setiap usulannya. Sedangkan setiap PD memberi penjelasan lebih mendetail berkaitan dengan mana saja yang diakomodir dan tidak.