Bupati Lumajang ketika bertemu 7 warga Malaysia di Pasrujambe (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang ketika bertemu 7 warga Malaysia di Pasrujambe (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Begitu mendapat laporan ada 7 warga Malaysia yang berada di rumah salah seorang warga di desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe Lumajang, pada hari ini, Senin (16/7) Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq langsung mendatangi rumah warga tersebut.

Dalam kunjungan ke Pasrujambe untuk bertemu dengan warga Malaysia tersebut, Bupati Lumajang disertai dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Pasrujambe.

Bupati Lumajang ingin memastikan tujuh warga Malaysia tersebut benar-benar sehat dan tidak terjangkit virus corona.

"Kita ingin tahu kondisi kesehatannya. Namun semuanya dalam kondisi sehat, sehingga warga sekitar tidak perlu cemas. Walau demikian, saya juga meminta kepada tujuh warga Malaysia itu untuk mempercepat kepulangannya ke Malaysia, jika memang keperluannya sudah selesai," kata Bupati Lumajang.

Dalam kesempatan ini, Bupati Lumajang memberikan kesempatan beberapa hari untuk tetap tinggal di Lumajang, namun jika keperluannya dianggap sudah selesai, selanjutnya dianjurkan untuk bisa kembali ke Malaysia.

"Masyarakat setempat tidak perlu cemas, karena ke tujuh warga dari Malaysia ini dalam kondisi sehat, dan datang ke Indonesia melalui proses screening yang sesuai prosedur perjalanan ke luar negeri, termasuk di Bandara," kata Bupati Lumajang kemudian.

Bupati Lumajang mendatangii rumah warga yang menerima tamu dari Malaysia ini karena mendapatkan laporan bahwa salah seorang warga setempat kedatangan tamu dari Malaysia.

Langkah antitipasi dari Pemkab Lumajang terus dilakukan untuk benar-benar memastikan virus corona ini tak masuk ke Kabupaten Lumajang.