Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar (berdiri, paling kiri) saat memantau posko check point covid-19
Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar (berdiri, paling kiri) saat memantau posko check point covid-19

Sebanyak 6 titik posko check point yang tersebar di kawasan perbatasan Kabupaten Malang telah siap beropasi. Hal itu dipastikan oleh Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Malang, saat melakukan kunjungan posko check point di wilayah Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Rabu (15/4/2020).

”Semua pintu masuk keluar daerah kita siapkan check point. Mulai dari kawasan bandara, kawasan perbatasan jalur lalu lintas antar kota, dan pelabuhan sudah disiapkan posko check point dan sudah siap beroprasi,” kata Bupati Malang, HM Sanusi.

Seperti yang diberitakan, 6 posko check point itu salah satunya terletak di kawasan Bakpia Telo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Kemudian dua titik lainnya terdapat pada akses keluar masuk jalan tol di kawasan Dengkol, Kecamatan Singosari dan di kawasan exit tol Lawang.

Sedangkan tiga check point sisanya, terletak di Kecamatan Sumberpucung, tepatnya di perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar. Kemudian di kawasan Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, yang menjadi daerah perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang.

Sedangkan check point yang terakhir, disiagakan di kawasan pelabuhan Sendang Biru yang terletak di Kecamatan Sumawe (Sumbermanjing Wetan), Kabupaten Malang.

”Posko check point ini bertujuan untuk melakukan skrining semua kendaraan yang akan masuk ke Kabupaten Malang. Terutama kendaraan umum dan kendaraan pribadi ber-plat nomor luar (Kabupaten Malang),” tegas Kasat Lantas Polres Malang, AKP Diyana Suci Listyawati.

Menurut Diyana, ke-6 titik posko covid-19 yang tersebar di daerah perbatasan tersebut, akan terus dievaluasi. Salah satu yang akan dijadikan bahan evaluasi adalah mengenai potensi kemacetan, saat proses skrining berlangsung.

”Memang ada kemungkinan berdampak pada kemacetan, untuk itu akan selalu kami koordinasikan dengan petugas (posko check point covid-19). Tapi selama ini, proses screening bisa berlangsung dengan menyiasati jalur lalu lintas dengan sistem buka tutup satu jalur,” ujar Diyana.