Uang koin 1.000 kelapa sawit (Foto:  Ramly Haba)
Uang koin 1.000 kelapa sawit (Foto: Ramly Haba)

Masih ingatkah di benak kalian bagaimana penampakan uang koin 1.000 bergambar kelapa sawit? Mungkin beberapa dari kalian masih ada yang mengkoleksinya. 

Uang koin 1.000 kelapa sawit itu, mendadak menjadi perbincangan publik. Bagaimana tidak, uang jadul itu ternyata dijual ratusan ribu hingga ratusan juta per keping. Penjualan itu diketahui melalui beberapa situs jual beli online.  

Baca Juga : Sambut New Normal, Face Shield Anak-Anak Buatan Istri Anggota TNI Ini Laris Manis

Paling mahal ada yang menjual uang koin 1.000 kelapa sawit itu senilai Rp 150 juta per keping.  

 

tangkapan layar uang Rp 1.000 kelapa sawit
Foto: Situs jual beli online

Dipantau melalui iklan yang ditampilkan, penjual berlokasi di sejumlah daerah di Indonesia. Salah satu penjual pun menulis deskripsi lengkap hingga tahun produksi uang koin tersebut. Rata-rata uang koin 1.000 itu diproduksi tahun 1990.  

 

Image
Foto: Situs jual beli online

Sayangnya hingga kini masih belum ada pihak yang bisa membenarkan jual beli uang koin 1.000 tersebut. Sebagai informasi, uang koin 1.000 kelapa sawit itu digunakan sebagai mata uang rupiah sekitar tahun emisi 1993.  

Hingga kini Bank Indonesia menyatakan jika uang tersebut masih berlaku sebagai alat pembayaran sah. Uang tersebut masih bisa digunakan selama BI belum mencabut peredarannya.