Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Bagi sebagian orang, diangkat sakitnya merupakan sebuah kabar gembira. Tapi tidak dengan sosok sahabat Rasulullah SAW yang satu ini. Sosok yang dikenal sangat penyabar itu memilih  tetap sakit untuk senantiasa melihat malaikat menyapanya.

Sahabat Rasulullah SAW tersebut adalah Imran bin Hushain bin Ubaid bin Khalaf al-Khuza'i, yang sampai saat ini dikenal sebagai salah satu periwayat hadis. Dia masuk Islam saat terjadinya Perang Khaibar (629 Masehi).

Baca Juga : Menggemaskan! Aksi Polos Bocah Usai Salat Berdoa Ingin Bertemu dengan Jennie Blackpink

Imran dikenal sebagai sosok yang sangat penyabar. Bahkan karena kesabarannya itu, ia selalu mendapatkan salam secara terang-terangan dari para malaikat. Para malaikat menaruh rasa kagum kepada sosok yang luar biasa tersebut.

Dalam berbagai riwayat disebutkan, salah satu contoh kesabaran Imran bin Hushain adalah ketika ia diuji dengan penyakit. Dia dikisahkan menderita sakit perut selama 30 tahun.

Suatu ketika, ia mendatangi Rasulullah SAW dan menceritakan rasa sakit yang ia derita selama puluhan tahun. Dia pun meminta agar Rasulullah SAW mendoakan agar sakitnya tersebut sembuh.

Rasulullah SAW kemudian mendoakan dan sakit yang dideritanya langsung sembuh. Tak ada lagi rasa sakit dan perih seperti sebelumnya. Kemudian Imran kembali ke rumah dengan perasaan sangat bahagia. Namun dia merasakan hal janggal karena ia tak lagi bertemu dengan malaikat yang selalu menyampaikan salam kepadanya.

Dia pun kembali mengadukan itu kepada Rasulullah SAW. Dia bertanya mengapa malaikat tak lagi mengucapkan salam kepadanya seperti pada hari-hari sebelumnya. Imran bercerita selalu bertemu dengan para malaikat yang menyapanya tanpa perantara.

Lalu Rasulullah SAW pun menjawab, “Hal itu karena kesembuhan penyakitmu wahai Imran.”

Kemudian Imran berkata, “Kalau begitu, tolong wahai Rasulullah SAW agar engkau berkenan kembali mendoakan agar penyakitku dikembalikan kepadaku.”

Baca Juga : Viral Curhatan Ojol Dapatkan Ancaman Ini jika Makanan Tidak Sesuai Pesanan

Saat itu Imran pun kembali merasakan sakit perut yang luar biasa seperti sebelumnya. Tak lama dia kembali melihat malaikat yang menyampaikan salam kepadanya.

Kisah tersebut menunjukkan bahwa sahabat Rasulullah SAW melihat penyakit sebagai kenikmatan yang harus disyukuri, bukan sebuah musibah.

Berkaitan dengan kisah dan sosok dari Imran bin Hushain, beberapa riwayat menyebut bahwa Imran merupakan salah satu sahabat Rasulullah SAW yang sangat dimuliakan dan wafat di Bashrah.