Gerhana Matahari Cincin (Foto: Bisnis.com)
Gerhana Matahari Cincin (Foto: Bisnis.com)

Gerhana matahari cincin akan berlangsung pada 21 Juni 2020 besok.  Meski Indonesia hanya tampak sebagian, kita masih bisa ikut mengamati gerhana matahari cincin tersebut.  

Kali ini gerhana matahari yang akan muncul yakni cincin api solstis.

Baca Juga : Belanja ke Supermarket Tetap Modis di Tengah Pandemi Covid-19 dengan JPD, Mau Coba?

Lantas bagaimana cara untuk menikmati gerhana cincin kali ini?  Tak seperti gerhana bulan yang bisa langsung dinikmati dengan mata, untuk fenomena gerhana matahari jenis apa pun, ternyata butuh perlindungan khusus agar tak merusak mata.  

Dilansir melalui Business Insider, badan antariksa Amerika Serikat NASA mengeluarkan tips khusus untuk mengamati gerhana matahari cincin ini.  

Yang harus diingat yakni jangan melihat langsung ke arah matahari dengan mata telanjang karena bisa merusak mata.   Bahkan di hari biasa, orang-orang dianjurkan tidak melihat matahari langsung.  

Lebih lanjut, dijelaskan NASA, untuk melihat fenomena ini, dibutuhkan peralatan seperti 'kacamata gerhana' dengan filter khusus.  Jangan memakai kacamata hitam biasa atau filter buatan sendiri untuk melihat gerhana matahari cincin.  

Baca Juga : Bukan Hanya Manusia, Monyet pun Dapat Paket Bantuan Covid-19

Jika sudah memiliki kacamata gerhana, NASA menganjurkan agar melindungi mata terlebih dahulu sebelum melihat ke arah langit.  Lalu kacamata gerhana bisa dilepas setelah kalian tidak melihat ke arah matahari atau saat gerhana.

Namun untuk kalian yang memiliki rabun jauh atau dekat, tak perlu melepas kacamata untuk mengamati gerhana.  Cukup ditambah dengan kacamata gerhana di depannya.