Ra Latif berharap Wisata Tangguh bisa mengembalikan perekonomian masyarakat Bangkalan dari sektor wisata.
Ra Latif berharap Wisata Tangguh bisa mengembalikan perekonomian masyarakat Bangkalan dari sektor wisata.

Pantai Biru yang terletak di Desa Telaga Biru, Kecamatan Tanjung Bumi, menjadi Wisata Tangguh pertama yang diresmikan oleh Bupati Bangkalan, R. Abd. Latif Imron Amin, Selasa (21/7/2020). 

Ra. Latif, berharap Wisata Tangguh yang diresmikannya itu bisa mengembalikan perekonomian masyarakat Bangkalan dari sektor wisata. 

Baca Juga : Seru nan Asyik Berwisata ke Pantai Gondo Mayit Blitar dengan Motor

"Pelaku wisata yang bergerak di bidang guide tour, kuliner, maupun seni budaya, bisa bergerak kembali secara normal," ucapnya. 

Namun, lanjut Ra. Latif, seluruh aktivitas pelaku wisata dan kuliner tersebut harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19. "Dengan catatan, harus tetap mengikuti protokol yang sudah ditetapkan," tegasnya. 

Wisata Tangguh tersebut adalah inovasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, agar padu atau berjalan beriringan dengan Kampung Tangguh yang sudah berjalan. "Kampung Tangguh dan Wisata Tangguh adalah paduan, namun tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Bangkalan memberikan pujian pada Kades (Kepala Desa) Telaga Biru yang telah berupaya mengembangkan perekonomian warganya melalui sektor wisata. 

"Luar biasa. Pak Kades dan jajarannya sudah memberdayakan warga sekitar," ucap Ra Latif.

Senada, Ahmad Sudi Kades Telaga Biru yang mendapat apresiasi dari atasannya itu, menyampaikan, bahwa diresmikannya Wisata Tangguh yang pertama di wilayahnya, ditujukan untuk mendongkrak perekonomian warganya.

Baca Juga : Ingin jadi Resi Pemuda, Mandi di Petirtaan Ngawonggo Syarat Wajibnya

Disinggung terkait anggaran untuk objek Wisata Tangguh Pantai Biru, Ahmad mengatakan, dananya mempergunakan Dana Desa (DD).

“Iya, kita pakai DD. Sekitar 60 persen dari total DD yang kita gunakan untuk pengembangan wisata ini,” ujarnya.

Ahmad berharap banyak, dengan adanya Wisata Tangguh yang diresmikan oleh Bupati bisa membuat perekonomian warga desanya meningkat. "Mudah-mudahan Wisata Tangguh ini bisa mengembangkan perekonomian warga Desa Telaga Biru," pungkasnya.