Rahayu Saraswati (Foto:  Fajar Indonesia Network)
Rahayu Saraswati (Foto: Fajar Indonesia Network)

Sosok Rahayu Saraswati yang merupakan keponakan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kini tengah menjadi sorotan. Diketahui, Rahayu Saraswati akan maju di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 mendampingi Muhammad.

Terkait hal ini, Rahayu Saraswati mendapat dukungan dari banyak pihak. Selain dari beberapa partai politik, banyak warganet yang juga mendukung Rahayu.  

Baca Juga : Mendagri Himbau Tak Pilih Petahana yang Gagal Tangani Covid, Sanusi: Tergantung Masyarakat

 

Bahkan, warganet menilai jika Rahayu sangat mumpuni untuk maju di Pilkada Tangsel 2020 Desember mendatang. Dukungan dan pujian untuk Rahayu itu terlihat melalui media sosial Twitter.  

Terdapat seorang warganet yang membagikan pengalamannya saat bertemu dengan sosok Rahayu. Dalam cuitannya, akun bernama @kurawa itu mengaku telah bertemu dengan Rahayu.  

Dalam pertemuannya, ia mengaku telah mendengar rencana-rencana Rahayu untuk memajukan Tangsel. Selain itu, Rahayu juga memberikan solusi terkait penanganan Covid-19. 

"Bertemu dengan Saras  @RahayuSaraswati calon wakil walikota Tangsel, sangat menarik mendengarkan rencana beliau dalam memajukan Tangsel, serta memberikan masukan dalam pencegahan, penanganan pandemic Covid19. Buat temen2 yg punya KTP Tangsel siap2 dapat satu calon yg Keren ini," cuit akun @kurawa..

Di unggahan tersebut juga diunggah foto pemilik akun dan Rahayu.

 

 

Membaca cuitan akun @kurawa, tak ayal warganet pun turut memuji kemampuan Rahayu.

"Secara pengalaman hidup, pengalaman politik maupun usia, gue melihat tingkat pengetahuan saraswati sdh sangat mumpuni. Program2 dia berbasiskan perjuangan gender, kesehatan dan pendidikan sangat progresif.

Jadi di luar faktor parpol dia sangat layak," tulis akun @Rudi Valinka.

"Saya suka ide-idenya, cara pikirnya dalam memandang masalah, pemaparan terhadap idenya. Keren memang mba Rahayu Saraswati. saya menilai setelah mendengar beberapa kali dia bicara di beberapa podcast, salah satu pemimpin perempuan potensial. Semoga menang di Tangsel!," tulis akun @paisuchen.

"Semoga lebih baik drpd yg sekarang ya. Yg aku kagumi dr Saras ini ttg perjuangannyi membesarkan anak2nyi. Salut. Semoga semangatnyi bisa ditularkan ke ortu2 di tangsel sehingga semakin banyak anak2 hebat.., kata akun @andychristianto.

"Orang pintar ini, sudah ngikutin dr jaman beliau jd co presenter acara metro tv sm bapak2 yg keturunan jepang itu," kata akun @ianwongso.

Baca Juga : Dalam Situasi Pandemi Covid-19, Bapaslon SanDi Launching Tim Kampanye

 

Kendati demikian masih ada warganet yang merasa ragu dengan kemampuan Rahayu lantaran non muslim dan bisa berujung SARA.  

@chutquin : "Jujur Aku Masih Ragu...... Karna Di Negri Kita Ini Masih Kuat SARA..... Kasihan  @RahayuSaraswati Nantinya Jika Kena Hujatan Dan Penolakan dari Kaum Munafikun..... Hanya Satu Doaku...... Lanjutkan Jdlah Penerus Ahok Non Muslim Yg Kuat Menghadapi Tantangan..."

@fadil_hs : "Doi non muslim. Gampang diserang isu SARA kayak DKI dan Sumut Kita mau kandidat yg bagus dan elektabilitasnya tinggi."

Diketahui, dalam Pilkada ini, Sara sapaan akrab Rahayu telah mengantongi 16 suara di DPRD Tangerang Selatan. Suara tersebut berasal dari PDIP dan Partai Gerindra.  

Sara awalnya dikenal sebagai artis dan presenter. Di dunia politik pun ia pernah menjadi anggota DPR RI tahun 2014-2019.  

Ia memiliki nama lengkap Rahayu Saraswati Dhirakanya Djojohadikusumo. Sara lahir di Jakarta pada 27 Januari 1986.  

Sara mengawali karir politiknya melalui organisasi sayap partai gerindra (TUNAS) dan menjabat sebagai kepala bidang pengembangan. Melalui organisasi inilah yang membuat Sara akrab dengan urusan politik hingga pada 2014 mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI.  

Selain itu, wanita 34 tahun ini juga dikenal lewat aktifitasnya melawan praktik jual bel manusia lewat Freedom for Indonesia. Organisasi tersebut menyadarkan masyarakat akan bahaya trafficking.