Ilustrasi Foto: Asrama Mahasiswa di Yogyakarta
Ilustrasi Foto: Asrama Mahasiswa di Yogyakarta

Hasil seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), LTMPT mengonfirmasi ada sekitar 167.653 dari 702.420 pendaftar telah diterima.

Dalam seleksi SBMPTN tahun ini, DKI Jakarta menjadi wilayah terfavorit kedua setelah Yogyakarta untuk pilihan studi tujuan jenjang S1. Sementara UGM Yogyakarta menjadi PTN terbanyak yang paling diminati para pendaftar mahasiswa baru dari seluruh Indonesia.

Baca Juga : 5 Judul Proposal Mahasiswa Unikama Lolos Pendanaan PKM-PSH Kemendikbud

Bagi kalian yang tetap ingin melanjutkan studi di PTN yang berada di D.I. Yogyakarta, pilihannya bukan hanya UGM. Masih ada kesempatan bagi kalian untuk berkuliah di Yogyakarta melalui kampus negeri lain seperti:

1.Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Dilansir melalui jadwal pmb.uny.ac.id, UNY memiliki 60 program studi S1 dan 17 program sarjana terapan (D.IV) yang rata-rata terakreditasi A. Pada seleksi mandiri 2020, UNY memiliki daya tampung sekitar 1.574 mahasiswa dari animo pendaftar 121.458 calon mahasiswa.

Untuk saat ini, UNY masih membuka Seleksi Mandiri CBT Domisili (via daring) sampai tanggal 23 Agustus 2020, dan seleksi jalur prestasi olahraga unggul sampai 19 Agustus 2020.

2.Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SuKa)

Kampus yang berlokasi di Jalan Adisudjipto Yogyakarta, telah memiliki akreditasi A sejak tahun 2018. UIN sepanjang Covid-19 tidak membuka jalur PBT, beberapa jalur yang tersedia selain SNM PTN dan SBM PTN, yaitu UM-PTKIN serta CBT maupun portofolio.

Untuk penerimaan mahasiswa baru, UIN Sunan Kalijaga masih membuka 2 jalur: yakni CBT gelombang 2, dan seleksi portofolio (seleksi berkas) sampai tanggal 28 Agustus 2020. Silakan kunjungi Admisi.uin-suka.ac.id info lebih detailnya.

3.Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN VYK)

Baca Juga : 10 Universitas di Yogyakarta Ini Masih Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Hingga September

Universitas yang telah masuk daftar kampus Negeri sejak tahun 2017 tersebut, telah menerima 1.833 calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur SBM PTN 2020.

Untuk jadwal selanjutnya, UPN masih akan melakukan pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nilai UTBK. Tanggal pendaftaran terakhir sampai tanggal 24 Agustus 2020, dan pengumuman kelulusan pada 8 September 2020, silakan kunjungi pmb.upnyk.ac.id.