Dua pemain asing baru Arema FC (official Arema FC)
Dua pemain asing baru Arema FC (official Arema FC)

Dua legiun asing baru Arema FC Hugo Guilherme Corre dan Pedro Henrique Bartoli akan dijadikan investasi jangka panjang dengan target menaturalisasi keduanya.

Mundurnya Mario Gomez dari kursi kepelatihan Arema FC membuat manajemen saat ini membuat satu kiblat cara bermain berbeda. Jika sebelumnya berkiblat dari Argentina dengan merekrut pemain mayoritas dari Argentina, saat ini Singo Edan mulai merekrut pemain dari Brasil karena dikabarkan pelatihnya juga dari Negeri Samba itu.

Baca Juga : Kapten Kesebelasan Persik Kediri Ingin Bawa Timnya Finish di Papan Atas Liga 1

Bahkan, manager umum Arema FC Ruddy Widodo mengatakan bahwa perekrutan kedua pemain asing muda itu merupakan murni inisiatif manajemen dan berharap dapat diapresiasi oleh federasi dan pemerintah.

"Brasil adalah salah satu negara produsen pemain berkualitas. Kebetulan, Arema FC mendapatkan tawaran untuk merekrut pemain-pemain muda, yang mereka juga sangat berkeinginan untuk menerpa kompetisi di usia muda di Indonesia. Maka, kami menyambutnya. Ini bagian dari investasi jangka panjang," tutur Ruddy Widodo Kamis (20/8/2020).

Keinginan tersebut juga mendukung langkah federasi untuk mengakomodasi keberadaan pemain U-20, dan berharap juga termasuk pemerintah bisa membantu terkait administrasi status kewarganegaraannya.

"Investasi pemain asing muda ini penting, untuk merangsang pembinaan usia dini agar menciptakan iklim persaingan yang kompetitif. Selain itu, klub dapat mengelola pemain yang bersangkutan menjadi aset klub yang berharga nantinya saat menghadapi musim rekrutmen pemain baru," ungkapnya.

Selain itu, momentum menyambut Piala Dunia U-20 tahun depan, ini juga merangsang persaingan para pemain pemain muda. Tidak hanya dari luar Indonesia yang berkeinginan meniti karier di Indonesia, karenanya diharapkan kondisi ini menciptakan persaingan yang berkualitas yang mampu merangsang para pemain lokal.

"Tanpa bermaksud mengurangi rasa hormat kami kepada para pemain lokal di Timnas Indonesia. Adanya investasi jangka panjang pemain-pemain asing ini diharapkan juga ada transfer pengetahuan, skill antar pemain asing dan lokal. Dampaknya pasti akan positif dan kelak akan dirasakan terjadi peningkatan kualitas," tambah Ruddy.

Baca Juga : Kehilangan Potensi Pendapatan Rp 15 Miliar, PSS Sleman Tetap Optimis Finish di Lima Besar

Saat ini pihaknya mengajak kepada semua pihak agar tidak apriori terhadap hadirnya pemain asing usia muda, utama nya di Arema FC. “Bagi kami, Akademi Arema juga dapat menimba ilmu dari kedua pemain tersebut,” sebutnya.

"Bagaimana Brasil mampu memproduksi pemain pemain muda berkualitas, dan didistribusikan serta banyak diminati berbagai negara. Bahkan, juga sebagian besar mereka bersedia untuk di naturalisasi di negara tertentu untuk mengangkat derajat kariernya  dan jam terbang di sepakbola," tuturnya.

Arema FC resmi merekrut striker Pedro Henrique Bartoli Jardim berusia 19 tahun dan bek tengah Hugo Guilherme Correa Grillo yang masih berusia 18 tahun. 

Pedro tercatat sebagai striker klub GD Chaves U-19 yang berkompetisi di Portugal Liga Juniores U-19 musim 2019-2020. Sedangkan Hugo Gilherme Correa Grillo  sebelumnya merumput di  Cuiaba Esporte Clube U-20 pada Copa do Brasil U-20 dan Sao Paulo Youth Cup.