Foto Hotel Amaris dan Everday Smart
Foto Hotel Amaris dan Everday Smart

Hotel bintang 2 kerap menjadi pilihan masyarakat untuk menginap saat bujet perjalanan minim. Di Kota Malang, setidaknya ada dua hotel yang masuk daftar yakni Amaris dan Everyday Smart Hotel.

Wisatawan yang mempunyai bujet lebih bisa saja memilih  penginapan ataupun hotel berbintang tiga ataupun empat bahkan lima. Namun, bagi mereka yang yang mempunyai bujet menengah, Amaris dan Everyday kerap dijadikan pilihan.

Baca Juga : Janji Bupati Sanusi Cairkan Bosda Tak Ditepati, Pungli Semakin Tak Terkendali

Sebelum memilih atau menginap di hotel berbintang dua tersebut, para tamu bisa melihat review atau ulasan para tamu yang sebelumnya telah menginap di sana.

Dalam seri lapsus Rating vs Review Hotel di Malang (5) ini, ulasan-ulasan yang disampaikan pengunjung bisa jadi pertimbangan agar ketika menginap sesuai harapan yang diinginkan.

Review pertama dirangkum dari Google Review. Di Google, Amaris mendapatkan rate bintang 4,2 dengan predikat baik sekali secara keseluruhan. Segi penilaian kamar, misalnya, Amaris mendapatkan penilaian 3,2 dari maksimal nilai 5.

Hotel Amaris Malang

Untuk lokasi, Amaris yang berdiri di pusat Kota Malang, tepatnya di Jalan Letjen Sutoyo diberi nilai 4,1. Untuk pelayanan, Amaris meraih nilai 4,5.

Soal ulasan dari tamu, kebanyakan Amaris mendapat apresiasi positif dari tamu. Tapi ada pula beberapa pengunjung yang mengajukan complain akibat lamanya layanan dari petugas hotel.

"Pelayanan kurang bagus. Jam breakfast tidak sesuai. Kita sudah order jam 6 pagi karena keburu check out. Jam 6.30 telepon receptionis. Sampai jam 06.50 belum juga datang sampai kita checkout pada jam tersebut karena keburu acara," tulis Andromeda Callysta, tiga minggu yang lalu.

Ulasan senada disampaikan Achmad Maksum. "Lumayan, cuma saat checkout prosesnya lama," tulisnya 2 bulan yang lalu.

Salah satu komentar positif disampaikan Cahyadi yang baru semingguan memberikan review. Dia memberikan nilai 4 dari maksimal 5."Sejauh ini bagus saja," ungkapnya.

Ada lagi Armand Brian, yang sekitar tiga mingguan memberikan ulasannya di Google mengenai Amaris. Komentarnya juga menggambarkan kepuasan ketika menginap di Amaris. "Kecil tapi menyenangkan," tulisnya dengan memberikan nilai 5 dari nilai maksimal 5.

Sementara di aplikasi Traveloka, Hotel Amaris juga mendapatkan penilaian baik. Di situ tertera nilai 8,4 dari maksimal 10. Dari semua jenis penilaian, baik kenyamanan, pelayanan, lokasi, kebersihan, dan makanan, Amaris mendapatkan nyaris lima bintang.

Ulasan para tamu sendiri juga kebanyakan positif. Djoko S menuliskan ulasannya pada 26 Juli 2020, dia mengapresiasi pelayanan hotel dengan memberikan nilai  maksimal10. "Di masa pandemi masih dapat sarapan walau sudah di-packing untuk dua orang. Beda sama hotel lainnya, di sini check out bisa sampai jam 13.00 wib makasih," ungkapnya.

Selain Hotel Amaris, ada lagi hotel bintang dua di Kota Malang yang mungkin bisa menjadi pilihan menginap yakni Everyday Smart Hotel. Hotel yang berada di kawasan Jalan Soekarno-Hatta tersebut berada di kompleks apartemen.

Seperti apa review mengenai hotel tersebut? Di Google, Everyday Smart mendapatkan penilaian secara keseluruhan 4,1 dari nilai maksimal 5.

Distya Agung Pangayoman, yang memberikan ulasan penilaian sebulan lalu, menyampaikan kepuasannya terhadap fasilitas hotel. Dia memberikan nilai maksimal 5.

"Ini luar biasa untuk budget hotel, tempat yang sangat strategis, dekat dengan area publik (kota, mall, universitas, pasar, rumah sakit dll), tempat yang bagus untuk bekerja dengan baik dan sangat menyenangkan untuk melihat pemandangan Malang yang indah," tulisnya.

Baca Juga : Tamu Nilai Hotel Atria Tak Cocok Buat Staycation, The Balava dan The 1O1 OJ Kurang Bersih

Untuk ulasan dari aplikasi Agoda, Everyday Smart Hotel mendapatkan penilaian 6,9 dengan predikat bagus. Namun di situ belum terdapat ulasan komentar terbaru pada 2020.

Sementar di aplikasi Pegi-Pegi, Everyday Smart Hotel mendapatkan penilaian 8. Namun salah satunya mengkritik bahwa pelayanan perlu ditingkatkan karena AC kamar tidak dingin.

"AC kamar tidak dingin sama sekali," tulis Cindy Letitia Lysandra pada 26 April 2020. Dia memberikan penilaian 6,8.

Di aplikasi lainnya, yakni Traveloka, Everyday Smart Hotel mendapatkan nilai 8,2. Tetapi ada yang mengkritisi tentang fasilitas hotel. Misalnya Paiditrip.

"Kamar lumayan, tidak ada heater dalam kamar, tidak disediakan free kopi teh. Kalau mau cari air panas di luar kamar. Kebersihan oke," tulisnya pada 2 Agustus 2020.

Dikonfirmasi mengenai keluhan dan compliment para pengunjung, Manajer Amaris Hotel Nency Hardinie memberi tanggapan. Menurut Nency, pihaknya selalu menampung kritik dan saran dari para tamu. Termasuk mereka yang memberikan ulasan dari aplikasi online travel agent (OTA).

"Kami ada screening terhadap tamu sebelum masuk. Kami pantau permintaan tamu. Misalnya ruang smoking (merokok),  kamar pojok, view-nya ke mana, kami akan sangat selektif," kata Nency.

Begitu pun saat tamu checkout, petugas hotel juga akan bertanya apa ada masukan buat hotel. "Bilamana ada sesuatu yang kurang, kami upayakan untuk segera memperbaiki hari itu," ucap Nency.

Selama ini, Nency mengaku manajemen Amaris  juga sering melihat review-review di berbagai aplikasi startup. Hal itu dilakukan guna terus berupaya memperbaiki kekurangan dan berbenah demi pelayanan tamu.

Sementara itu, soal ulasan dari tamu, pihak Everyday Smart Hotel ketika dihubungi belum memberikan respons.

Lantas bagaimana dengan hotel-hotel bintang 3 yang secara standar harusnya lebih baik? Simak ulasannya di lapsus Rating vs Review Hotel di Malang (6) selanjutnya.