Para dedengkot dari Babirusa yang siap menghentak telinga pendengar musik cadas dengan single terbarunya 'Pertempuran Para Siluman'. (Foto: Dok. Babirusa)
Para dedengkot dari Babirusa yang siap menghentak telinga pendengar musik cadas dengan single terbarunya 'Pertempuran Para Siluman'. (Foto: Dok. Babirusa)

Salah satu unit crossover thrash metal asal Malang, yakni Babirusa berhasil memporak-porandakan telinga para pendengar musik cadas dengan merilis single terbaru bertajuk 'Pertempuran Para Siluman'. 

Lagu bertajuk 'Pertempuran Para Siluman' terdapat kesinambungan dengan pertempuran pada era moderen ini. Ronny selaku bassist Babirusa mengatakan bahwa lagu 'Pertempuran Para Siluman' menceritakan dua kubu yang saling serang dengan menggunakan kekuatan tidak terlihat. 

Baca Juga : Band Metallic Hardcore Asal Malang Ini Luncurkan Video Lyric "Keputusan Tanpa Moral"

 

Jika berdasarkan cerita orang-orang terdahulu, banyak orang sakti beradu kekuatan dengan mengadu ilmu serta terkadang menggunakan bantuan tak terlihat yang dianggap bantuan ghaib.

"Maka di era sekarang manusia beradu kuat menggunakan media sosial dan menyebarkan berita palsu tentang lawan atau pesaingnya tanpa terlihat melakukan hal tersebut," ungkapnya kepada pewarta, Senin (31/8/2020). 

Hal itu pun mengisyaratkan dan related dengan kondisi negara saat ini. Banyak orang mencari panggung kekuasaan untuk memperkaya segelintir kelompoknya dan menumbangkan kepentingan orang banyak dengan tangan-tangan penguasa yang tak terlihat. 

Babirusa yang hingga saat ini konsisten dengan genre Crossover Thrash Metal sejak didirikannya, tetap percaya diri meskipun banyak orang menganggap bahwa genre tersebut telah jadul atau sepi peminat. 

Lagi-lagi, memang Babirusa dasarnya berisi orang-orang keras kepala, Babirusa tetap pada jalurnya dan terus menggebrak panggung permusikan Indonesia dengan sajian khas Babirusa. 

"Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun Babirusa keras kepala dan menolak untuk punah. Kita masih berada pada jalurnya yaitu Crossover Thrash Metal," ujarnya. 

Ronny sendiri mengungkapkan bahwa Babirusa tetap pada jalurnya di Crossover Thrash Metal yang menggabungkan konsep thrash metal era big four seperti dengan band thrash moderen Municipal Waste, Power Trip, Dr. Living Dead dan ditambahi sentuhan beat-beat hardcore/punk yang menjadikan ciri khas dari Babirusa hingga saat ini. 

"Jika dibandingkan dengan materi pada mini album sebelumnya, kali ini Babirusa bakal menyuguhkan beat dan riff-riff yang lebih kencang," ungkapnya. 

Hal ini sangat cocok bagi para pendengar musik cadas yang sudah lama ingin lakukan moshpit dan berbagi keringat bersama dalam satu panggung gigs musik.

"Cocok untuk kalian yang rindu akan circle pit dan stage dive di moshpit," imbuhnya. 

Sayangnya kondisi pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak para pelaku musik untuk mengadakan panggung gigs musik yang tengah dinanti-nantikan oleh para pendengar musik cadas di seluruh Indonesia. 

Baca Juga : Di Tengah Pandemi Covid-19, Semenjana Luncurkan Single Bertajuk Lyfe

 

Lebih jauh Ronny membeberkan bahwa sebuah band pasti ada jatuh bangun yang salah satunya disebabkan oleh pergantian personel. Babirusa pun tidak luput dari pergantian personel yang dilakukan. 

"Setelah tahun 2016, Babirusa mengalami pergantian personel central yakni vokalis. Akhirnya posisi vokalis diisi oleh Limbang yang merupakan vokalis dari Lolyta and The Disgusting Trouble," ujarnya. 

Dengan tambahan kekuatan baru, Babirusa telah siap untuk segera meluncurkan album pertamanya. Di mana, Babirusa sendiri pada tahun 2016 telah merilis sebuah EP (Extended Play) bertajuk 'Hymne Puja Belantara'. 

"Sebagai pemanasan kita meluncurkan single perdana berjudul 'Pertempuran Para Siluman'," sebutnya. 

Aksi panggung menggila dan beat kencang yang merupakan ciri khas Babirusa, sangat di nanti-nanti oleh para pendengar musik cadas. Tanpa pandang bulu, mereka akan menyerang telinga para pendengar musik dengan sajian musik khas Babirusa. 

Sampai saat ini, setelah mengalami pergantian personil, Babirusa telah bersepakat dan solid untuk membesarkan Babirusa dengan pasukan yang terdiri dari Limbang (vokal), Khrisna a.k.a Kucing (gitar), Ronny (bas), dan James (drum). 

Single terbaru dari Babirusa yang bertajuk 'Pertempuran Para Siluman' bisa dinikmati di platform-platform digital. Selain itu, Babirusa juga mengemas peluncuran single terbarunya ini dengan merilis sebuah video klip yang memvisualisasikan lirik demi lirik dalam lagu 'Pertempuran Para Siluman'.

Silahkan cek link dibawah ini untuk menyaksikan tayangan visualisasi dari lagu 'Pertempuran Para Siluman' dari Babirusa. 

https://youtu.be/v387Ojsq0fY