Gowes di daerah Gunung Kidul
Gowes di daerah Gunung Kidul

Musim kemarau yang sudah mulai berlangsung di sekitar wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Cuaca cerah menjadi kesempatan tersendiri bagi para pecinta gowes (pesepeda) di jalanan aspal yang sepi dari kendaraan umum dan mempunyai udara yang sejuk dan segar.

Di Yogyakarta,  ada beberapa jalur yang menjadi rekomendasi bag para pecinta jalan-jalan menggunakan sepeda. Berikut 5 jalur yang cocok untuk para pesepeda yang ingin melakukan gowes yang tepat bersama keluarga, ataupun bersama teman-temannya.

1. Jalur Mangunan Bantul

Kawasan Mangunan adalah kawasan hutan pinus dan perkebunan buah yang berada di area tinggi. Nah jika kalian berniat bersepeda ke sana, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan alam serba hijau dan pepohonan yang sejuk serta jalan yang bagus untuk berswafoto.

2. Jalur Arah Kaliurang Melalui Palagan

Kaliurang terkenal dengan Gunung Merapi, tetapi jalan mengarah ke Kaliurang tidak semua memiliki trek naik. Ada jalur-jalur alternatif yang tidak melalui jalan raya. Anda bisa menempuh jalur alternatif pedesaan melalui Jalan Palagan yang memberikan kesegaran udara, ditambah hamparan sawah di samping jalan menambah kenyamanan saat bersepeda bersama keluarga.

3. Jalur Waduk Sermo

Kawasan Waduk Sermo terletak di daerah tinggi dengan hawa dingin yang masih sejuk khas pegunungan pada umumnya. Banyak wisatawan yang ke sini sembari membawa sepeda untuk menikmati gowes sambil melihat pemandangan hutan yang asri. Biasanya para goweser berasal dari luar kota akan berakhir dengan camp di pinggir Waduk Sermo.

4. Jalur di Gunung Bagus Gunung Kidul

Jalur ini bisa dijadikan rekomendasi bagi kalian yang berniat sepedaan di daerah Gunung Kidul Jogja yang berakhir dengan mantai (ke pantai). Treknya yang beraspal panjang, banyak kelokan kadang menanjak dan menurun. Pemandangan gunung kecil atau bukit hijau menjadi keeksotisan tersendiri.

5. Persawahan Godean Menuju Kulon Progo

Jalur yang berlokasi di Jalan Godean menuju perbatasan Kulon Progo mempunyai kesegaran udara dan pemandangan kanan dan kiri persawahan, menambah daya tarik khusus. Anda dapat memulai trek di Godean Km 13 kemudian ke arah barat menuju daerah bukit di Kulon Progo.