Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Rasulullah SAW selalu mengajarkan banyak hal baik melalui sunah-sunahnya. Mulai dari kebiasaan saat beribadah, bekerja, makan, hingga kebiasaan saat akan tidur, Rasulullah SAW selalu mencontohkan hal-hal baik.

Mungkin sebagian di antara umat muslim sudah menjalankan sunah-sunah tersebut. Tapi sebagian lagi mungkin masih belum menjalankan sunah yang telah diajarkan sejak Rasulullah SAW masih mensyiarkan Islam sendiri.

Baca Juga : Tak Pernah Lakukan Salat, Sosok Ini Justru Dijamin Masuk Surga

Salah satu sunah yang diajarkan saat hendak tidur adalah memadamkan atau mematikan cahaya. Sehingga bisa tidur dalam kondisi gelap. Bukan hanya itu, kebiasaan lain yang dilakukan Rasulullah SAW adalah menutup semua kendi dan wadah makanan.

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian menyampaikan, kebiasaan Rasulullah SAW sebelum tidur itu telah disampaikan Aisyah RA, salah satu istri Rasulullah SAW. Dalam riwayatnya, Aisyah menyampaikan jika Rasulullah SAW melakukan beberapa hal saat memasuki rumah Aisyah.

Aisyah RA berkata, “Aku akan ceritakan kepadamu suatu hal. Nabi Muhammad SAW pernah suatu malam hariku masuk ke dalam rumah.”

Rumah Aisyah RA memiliki dua pintu. Pintu pertama dari jalan raya dan pintu ke dua langsung tembus masjid). Dalam riwayat itu dijelaskan, tradisi Rasulullah SAW saat masuk ke rumah Aisyah adalah langsung ke masjid. Entah untuk melakukan salat atau bertemu para sahabat.

Kemudian akan kembali ke dalam rumah. Beberapa hal dilakukan Rasulullah SAW begitu memasuki rumah Aisyah. Seperti menutup kendi-kendi, panci dan alat masak, serta mematikan sumbu api hingga gelap. Itu menjadi sunah Rasulullah SAW.

"Maka kebiasaan tidur dengan lampu menyala harus diubah. Karena sunah Rasulullah SAW adalah mematikan cahaya saat hendak tidur malam hari," terang Ustadz Khalid.

Termasuk menutup semua yang berisi makanan juga sunah Rasulullah SAW. Sehingga tidak takut ada serangga masuk ke makanan dan tidak merusak makanan.

Baca Juga : Bertugas Menyampaikan Wahyu, Berapa Usia Malaikat Jibril Sesungguhnya?

Sementara itu, penelitian menyebut jika seseorang akan bisa istirahat penuh dalam kondisi gelap. Sehingga jika tak ada cahaya orang akan tidur lebih tenang.

Beberapa penelitian yang telah dipublikasikan bahkan menjelaskan secara ilmiah manfaat tidur dengan lampu dimatikan. Misalnya, Journal of Affective Disorders menyatakan tidur di tempat gelap mencegah depresi. 

Juga mencegah obesitas pada wanita seperti dipublikasikan American Journal of Epidemiology. Sebuah studi dari Chronobiology International juga menjelaskan soal manfaat untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Selain kebiasaan mematikan cahaya dan menutup wadah makanan, kebiasaan lain yang dilakukan Rasulullah SAW saat Hendak tidur adalah wudhu, melafalkan doa, menjaga kebersihan tempat tidur, dan segera memejamkan mata.