Fadli Zon (Foto:  Telusur.co.id)
Fadli Zon (Foto: Telusur.co.id)

Pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani  soal "Sumatera Barat (Sumbar) dukung Pancasila" rupanya juga menarik perhatian mantan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.  Respons pum disampaikan Fadli Zon melalui akun Twitter-nya.  

Melalui cuitannya, secara implisit, Fadli meragukan pemahaman Puan akan sejarah.  "Hanya org2 yg tak membaca n mengerti sejarah yg masih meragukan masyarakat Sumbar mendukung Pancasila," ujar Fadli melalui akun @fadlizon, Kamis (3/9/2020).  

Baca Juga : Lagi-Lagi Habib Rizieq Munculkan Statement Soal Pencekalan, Moeldoko Beri Komentar

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra ini lantas menyebut sejumlah tokoh berasal dari Sumatera Barat yang menjadi bapak bangsa dan turut merumuskan Pancasila.  

"Ada 3 org Minang hebat di belakang perumusan Pancasila n UUD 1945: Mohammad Hatta, Muhammad Yamin n H Agus Salim. Bahkan Bung Hatta adalah salah seorang Proklamator," cetus Fadli.  

Cuitan Fadli pun lantas direspons oleh warganet. Bahkan ada warganet yang mengunggah sebuah foto lawas Bung Hatta dan kawan-kawan merupakan orang-orang hebat dari Sumatera Barat.

"Orang-orang hebat kala itu.." tulis akun @daddyGID4949.

Warganet lain juga memberikan berbagai reaksi terkait polemik tersebut.  

@AliefathurHakim: "Heran, tolak ukur nasionalisme hanya di ukur dengan partai, bkan dari bagaimana cara mereka memaknai nasionalisme dan cinta tanah air apakah tokoh terdahulu yang tdk brpolitik gak nasionalis?"

@iamputrabagus: "Aku asli padang cinta Pancasila dan NKRI,  Omongan bu puan sungguh menyakitkan hatiku, ingin rasanya ku memafkan dia karna manusia tempatnya salah, tpi jgn diulangi lagi ya."

@Rendi_LE: "Masyarakat Minang, udah Pancasila jauh sebelum perumusan Pancasila.. Dan mereka tokoh2 Minang adalah ulama ulama sufii, kebanyakan mereka orang2 yg sampai."

Baca Juga : Nongkrong di Warkop, 12 Pengunjung Kafe Kawasan Kalangbret Hapalkan Pancasila dan Push Up

@putra_poerba: "Gak perlu penjelasan lagi Bro Fadlizon mengenai kontribusi orang minang ke NKRI."

Sebelumnya, di acara pengumuman cagub-cawagub Sumatera Barat, Puan menyampaikan sebuah harapan yang cukup mengejutkan. "Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung Negara Pancasila," kata.

Ucaopan itu membuat heboh karena bisa berarti sekarang Sumbar tidak mendukung negara Pancasila. Terkait hal itu, Puan lantas didesak untuk meminta maaf kepada masyarakat Sumatera Barat.  

"Kami minta Mbak Puan mencabut pernyataan dan meminta maaf ke seluruh masyarakat Sumatera Barat," ungkap jubir Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Handi Risza. "Khususnya kepada keluarga besar founding father bangsa ini," lanjutnya melalui keterangan tertulis.