Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Sumenep Achmad Fauzi-Dewi Khalifah sewaktu proses pendaftaran di kantor KPU Sumenep (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)
Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Sumenep Achmad Fauzi-Dewi Khalifah sewaktu proses pendaftaran di kantor KPU Sumenep (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)

Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi dan Dewi Khalifah (Fauzi-Nyai Eva)  menjadi pasangan cabup-cawabup pertama yang resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep pada Jumat (4/9/2020) siang.

Bapaslon Fauzi - Nyai Eva mengawali pendaftaran dengan berangkat dari Masjid Jamik. Sebelum mendaftar, bapaslon 'Bismillah Melayani' ini terlebih dahulu ziarah kubur ke makan raja-raja Sumenep terdahulu sekaligus doa bersama.

Baca Juga : Bapaslon SanDi Deklarasi, Ahmad Basarah: Kabupaten Malang Masuk Prioritas Utama

Dengan didampingi perwakilan lima partai pengusung, relawan merah putih, santri dan juga para tokoh ulama, Bpaslon Fauzi-Nyai Eva beranjak dari Asta Tinggi ke kantor KPU Sumenep.

Setibanya di kantor KPU sekitar pukul 15.00 WIB, Fauzi-Nyai Eva bersama rombongannya diterima komisioner KPU Sumenep dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan coronavirus desease 2019 (covid-19).

Achmad Fauzi dalam sambutannya di kantor KPU Sumenep menyampaikan banyak terima kasih kepada para tokoh ulama, para kiai, partai pengusung dan relawan yang telah sudi mendampingi proses pendaftarannya bersama Nyai Eva sebagai Bacabup - Bacawabup di Pilkada Sumenep.

"Saya ucapkan terima kasih partai politik yang sudah mengusung kami berdua (Fauzi-Nyai Eva) sebagai pasangan calon di Pilkada ini. Kedua saya juga berterima kasih pada KPU yang telah melayani kedatangan kami," terangnya, Jumat (4/9/2020).

Lebih lanjut kata Fauzi, semua berkas persyaratan yang diserahkan dan sudah diperiksa oleh komisioner KPU Sumenep pada Jumat (4/9/2020) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca Juga : Pasangan Dhito-Dewi Sapu Bersih Dukungan Parpol Pemilik Kursi Parlemen

"Setelah diverifikasi, kita dengarkan bersama bahwa berkas pendaftaran sudah memenuhi syarat. Selanjutnya, tinggal KPU melakukan pengecekan mengenai teknisnya, dan sepenuhnya kami serahkan ke KPU Sumenep untuk menindaklanjuti," papar pria yang juga sebagai Wabup Sumenep itu.

Sementara itu, Devisi Teknis KPU Sumenep Rahbini menyampaikan, berkas yang telah diserahkan pasangan bakal calon Fauzi-Nyai Eva ke KPU akan diverifikasi selama 7 hari oleh tim yang menangani.

"Yang akan diverifikasi, meliputi syarat calon seperti KTP elektronik, surat tidak pernah punya hutang dari pengadilan, SKCK, Ijazah, SPT selama 5 tahun terakhir dari pajak, dan komponen lainnya," jelasnya.