Belasan anggota Banser sewaktu mengawal Bapaslon Gus Acing-Mas Kiai mendaftar ke KPU Sumenep (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)
Belasan anggota Banser sewaktu mengawal Bapaslon Gus Acing-Mas Kiai mendaftar ke KPU Sumenep (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)

Belasan personel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) ikut mengawal pendaftaran pasangan Fattah Jasin-Muhammad Ali Fikri (Gus Acing-Mas Kiai) ke KPU Sumenep. Pengawalan Banser atas bapaslon tersebut menuai pertanyaan di kalangan masyarakat. Pasalnya, melalui pengawalan itu mencuat adanya dugaan keberpihakan politis dalam kontestasi lima tahunan di daerah.

Hal ini pula yang membuat pengurus satuan koordinator cabang (Satkorcab) Banser Sumenep, Nawfan Hannan, angkat bicara terkait pengawalan bapaslon Gus Acing-Mas Kiai. Dirinya mengatakan, keterlibatan rombongan Banser kali ini sesuai permintaan dan instruksi dari Ketua Ansor Sumenep, M. Muhri.

Baca Juga : Pasangan Kustini Sri Purnomo-Danang Daftarkan Diri di KPU Sleman

"Kita (Banser, red) sebatas pengawalan, bukan dukungan. Iya, karena permintaan pengawalan melalui Ketua Ansor, maka kami bertugas," ucapnya saat mengantar pasangan Gus Acing-Mas Kiai di halaman KPU Sumenep, Sabtu (5/9/2020).

Disinggung soal netralitas Banser di Pilkada Sumenep, ditegaskan bahwa dirinya hanya sebatas bertugas pengawalan peserta konvoi sewaktu di jalan raya. Hingga membantu mengatur parkir.

"Kebetulan yang minta dari paslon ini. Andai paslon lain juga minta pengawalan, maka kita layani juga," pungkasnya.

Baca Juga : Pulang Daftar, Pasangan Sugiri-Lisdyarita Gelar Tumpengan

Untuk diketahui, sebelum berangkat melakukan pendaftaran ke KPU Sumenep, bapaslon bupati dan wakil bupati Gus Acing-Mas Kiai bersama relawan dan partai pendukungnya mengawali dengan salat duha di Masjid Jamik dan dilanjutkan nyekar ke pemakaman raja-raja di Asta Tinggi.