KH. Salahuddin Warist atau Ra Mamak mengikuti serangkaian protokol kesehatan covid-19 di KPU Sumenep (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)
KH. Salahuddin Warist atau Ra Mamak mengikuti serangkaian protokol kesehatan covid-19 di KPU Sumenep (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)

Bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati Fattah Jasin-Muhammad Ali Fikri (Gus Acing-Mas Kiai) resmi mendaftar di pemilihan kepala daerah (Pilkada) ke KPU Sumenep.

Pada proses pendaftaran pasangan 'Sumenep Barokah' ini tampak ada yang menarik perhatian kancah perpolitikan di Kota Keris. Sebab, salah seorang figur yang dari awal digadang-gadang sebagai calon pasangan Gus Acing turut hadir mendampingi pasangan tersebut.

Baca Juga : Pasangan Kustini Sri Purnomo-Danang Daftarkan Diri di KPU Sleman

Ia adalah ketua dewan pimpinan cabang (DPC) PPP Sumenep, KH. Salahuddin Warist atau yang akrab disapa Ra Mamak. Bagi masyarakat Kabupaten Sumenep, nama Ra Mamak sudah tak asing lagi.

Sebab, selain berlatarbelakang politisi muda, ia juga merupakan pengasuh pondok pesantren (ponpes) Annuqayah Lubangsa, Guluk-guluk, Sumenep. Tak hanya itu, dia juga merupakan adik kandung dari KH. Muhammad Ali Fikri (Mas Kiai) yang saat ini sebagai pasangan dari Gus Acing.

Dalam kesempatan itu, Ra Mamak mengatakan, bahwa pihaknya pasti memberikan dukungan penuh kepada pasangan Gus Acing-Mas Kiai hingga sebuah kemenangan di Pilkada Sumenep diraihnya.

"Sekarang kan sudah berjalan. Ia mari kita kawal ini sampai nanti di penetapan calon dan sampai selesai. Saat ini terlalu dini untuk berkomentar terlalu jauh," katanya, saat ditanya media, Sabtu (5/9/2020).

Kepastian dukungan itu, ia buktikan dengan pelukan hangat bersama Mas Kiai sebelum menyerahkan berkas pendaftaran. Momen mengharukan tersebut menjadi perhatian banyak orang yang hadir di KPU.

Baca Juga : Lathifah-Didik Daftar ke KPU Berbekal 13 Kursi, Lawan SanDi dengan Dukungan 37 Kursi

"Jadi, saya memberikan komentar sesuai proporsinya dan sesuai waktunya. Intinya kita kawal terus agar menciptakan situasi yang kondusif," tukasnya.

Untuk diketahui, sebelum ada penetapan rekom kepada pasangan Gus Acing-Mas Kiai. Sempat santer kabar jika PPP akan memberikan rekom kepada Ra Mamak untuk menguatkan koalisi antara PKB-PPP. Namun fakta berbanding terbalik, PKB-PPP yang saat itu memberikan rekom kepada Fattah Jasin, lalu menggandeng KH. Muhammad Ali Fikri sebagai pasangan ideal 'Sumenep Barokah'.