Ilustrasi (Foto:  MosDay.ru)
Ilustrasi (Foto: MosDay.ru)

Google saat ini menjadi mesin pencarian internet populer di dunia. Namun siapa sangka, sebelum Google ternyata ada Archie yang merupakan mesin pencarian internet pertama di di dunia.  

Diketahui, Archie pertama kali rilis pada 10 September 1990. Archie dikembangkan sebagai proyek sekolah oleh Alan Emtage di McGill University di Montreal, Kanada.  

Baca Juga : Heboh Live Medsos Terancam Dilarang, RCTI Beri Penjelasan Soal Gugatan UU Penyiaran

Menurut hasil wawancara dengan Digilat Archaeology, Emtage diketahui bersekolah dan bekerja sebagai mahasiwa pascasarjana di tahun 1989 di universitas tersebut.  

Pekerjaan Emtage lah yang mengharuskan ia menemukan software untuk para mahasiswa dan fakultas lain.  

Ia lantas menulis beberapa kode yang kemudian dikenal "Archie".

Ini Mesin Pencari Pertama di Dunia Sebelum Hadirnya Google | jadiberita.com
Foto: jadiBerita.com

Selain Emtage terdapat dua rekannya yakni Bill Heelan dan Peter Deutsch yang menjadi kunci dalam pengembangan Archie. Sebab, mereka menulis skrip yang memungkinkan orang lain untuk masuk dan menggunakan mesin pencarian itu.

Namun dilansir melalui Mashable, Archie memang tak sama persis dengan mesin pencarian seperti Google. Saat masuk ke halaman, pengguna akan menemukan halaman berbasis teks dengan beberapa opsi parameter penelusuran.  

Tak ada iklan atau grafik interaktif seperti yang biasa ditemui saat ini.  

Baca Juga : Live Medsos Terancam Dilarang, Muncul Petisi "MK Jangan Kabulkan Gugatan RCTI & iNews TV"

Awalnya, Archie hanyanya sebuah indeks situs File Transfer Protocol (FTP). Pada dasarnya, FTP menjadi cara unik untuk mentransfer file antar komputer.  

Lalu setelah menemukan apa yang dicari, pengguna harus mengunduh file sebelum bisa melihat apa yang ada di dalamnya.  

Archie memang belum sepintar Google yang bisa menggunakan keyword bahasa sehari-hari. Lalu setelah Archie mulai munculah mesin pencarian lain sepeti Jughead, Veronica, Yahoo dan tentu saja Google.