Alat ventilator (foto/ilustrasi)
Alat ventilator (foto/ilustrasi)

BANGKALANTIMES - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syarifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur (Jatim), mendapatkan bantuan dua ventilator dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Selasa (15/09/2020).

Bantuan itu sebagai upaya percepatan penanganan covid-19 di Bangkalan. Sebab, dilihat dari peta sebaran covid, Bangkalan masih berada di zona oranye.

Baca Juga : Ketersediaan Tempat Tidur Rumah Sakit Covid-19 di Kota Malang Semakin Menipis

Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan Nunuk Kristiani mengatakan, bantuan dua ventilator itu nantinya akan dioperasikan setelah uji fungsi RSUD mendapatkan tutorial pengoperasiannya. Nanti, akan dijadwalkan pelatihan  bersama dengan rumah sakit yang mendapatkan bantuan serupa.

Nunuk menyampaikan, bantuan tersebut nantinya akan menjadi penunjang ruang ICU yang dilengkapi penyedot virus khusus pasien covid-19. "Kami memang sedang menyiapkan ruang ICU bagi pasien covid-19 yang berat," ungkap dia.

Sementara, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron mengatakan, dengan adanya bantuan dua ventilator itu, pihaknya meminta RSUD dan Dinkes untuk memaksimalkan itu. "Terutama dalam dalam penanganan covid-19 di Bangkalan," ungkapnya.

Baca Juga : Soal Vaksin Covid-19, Kota Malang Masih Tunggu Hasil dari Pusat

Tidak hanya itu.  Bupati juga meminta agar RSUD dan Dinkes Bangkalan terus melakukan upaya dan terobosan baru untuk pencegahan adanya virus corona di Bangkalan. "Kami berharap dengan upaya tersebut, penyebaran virus corona di Bangkalan dapat diminimalisasi," tutup Ra Latif.