Gubernur Jatim Khofifah ketika membuka Munas AMPHURI
Gubernur Jatim Khofifah ketika membuka Munas AMPHURI

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa membuka acara Musyawarah Nasional (Munas) ke-V Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) 2020. Acara bertempat di Hotel Singhasari Resort Kota Batu, Jumat (18/9) malam. 

Pada kesempatan tersebut, Khofifah menyampaikan kelakarnya jika para jemaah asal Indonesia saat ini sudah sangat ditunggu para pedagang di Makkah. Karena banyaknya jemaah asal Indonesia yang rutin melakukan ibadah haji dan umrah setiap tahunnya di sana.

Baca Juga : Bantuan Tiga Ventilator dari Astra Financial, untuk Masyarakat Jawa Barat

Selain itu Khofifah juga menyampaikan jika ada hal penting lain yang harus diketahui peserta saat ini. "Saya kebetulan satu bulan yang lalu silaturahmi dengan menteri perhubungan. Pak Menhub menyampaikan akan ada beberapa international airport jadi domestik airport," ujarnya. 

Menurut dia, international airport memungkinkan pemberangkatan jemaah haji dan umrah secara langsung. "Oleh karena itu, tadi saya menyampaikan ada regroup yang harus dilakukan oleh AMPHURI pada munas ke lima," terang Khofifah.

Dia menjelaskan, hal ini adalah satu proses di mana mereka terkoneksi dan terkomunikasikan dengan para travel dan penyelenggara ibadah haji dan umrah. "Regrouping ini selagi belum dibuka untuk jamaah umrah ke Makkah dan Madinah," tuturnya. 

Khofifah melanjutkan, proses ini bisa dikomunikasikan Kementrian Perhubungan. "Sehingga, pada munas kali ini relatif bisa terpetakan opsi 1 dan 2," bebernya.

Mantan Menteri Sosial ini berharap nantinya anggota AMPHURI bisa membuat peta baru dari kemungkinan perubahan kebijakan dari Kementrian Perhubungan. "Ini sudah live juga dibahas dalam rapat virtual," imbuhnya. 

Baca Juga : Perkuat Sistem Pengamanan, Kunci Pintu Elektronik di Graha Bangunan Gratis Biaya Pasang

Sementara, Ketua Umum AMPHURI Joko Asmoro menambahkan bahwa munas tersebut sengaja diadakan di Jatim. Pasalnya, Jatim merupakan tempat penyelenggara haji dan umrah terbesar di Indonesia.

Joko Asmoro yang akan mengakhiri masa jabatannya sebagai ketua, berpesan kepada seluruh calon untuk tidak memunculkan perpecahan. “Harapannya ke depan semua bisa bekerja sama untuk AMPHURI menjadi lebih baik,” ungkapnya.