Tampak, Bupati bersama Lukman tokoh masyarakat setempat saat lakukan peninjauan pembangunan rumah Yusuf warga Pangeranan, Bangkalan (Foto/ Istimewa)
Tampak, Bupati bersama Lukman tokoh masyarakat setempat saat lakukan peninjauan pembangunan rumah Yusuf warga Pangeranan, Bangkalan (Foto/ Istimewa)

Yusuf warga Kampung Pangeranan RT 04/RW 05, Kelurahan Pangeranan, Kecamatan Bangkalan, Madura, Jawa Timur, tampak tersenyum bahagia setelah menerima bantuan bangunan rumah dari orang nomor satu di Bangkalan, yakni Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron.

Menurut informasi yang dihimpun BangkalanTimes.com, Yusuf yang semula hanya numpang di rumah keluarganya itu rupanya sebelum orang tuanya meninggal dunia, mendapat perjanjian. Jika orang tuanya meninggal dirinya harus pindah dari rumah itu.

Baca Juga : BMKG Minta Nelayan Waspada Gelombang Tinggi Laut Selatan

Berangkat dari cerita itu, Lukman selaku tokoh masyarakat setempat, menjadi inisiator dalam pembangunan rumah secara swadaya untuk Yusuf.

Lukman mengaku, hatinya tersentuh dengan kondisi Yusuf beserta keluarganya itu. Lantaran sudah tidak punya pandangan lain selain mengharap bantuan dari pemerintah setempat.

Mendapat laporan itu dari Lukman, Bupati Bangkalan Ra Latif langsung melakukan blusukan ke Kampung Pangeranan, tepat ke lokasi rumah Yusuf, Selasa (20/10/2020).

Blusukan itu dilakukan oleh Ra Latif, lantaran ingin meninjau secara langsung kondisi rumah milik Yusuf yang semula hanya numpang di rumah saudaranya itu.

Ra Latif mengaku, kegiatan bangun rumah itu ia lakukan tidak mengandalkan dana APBD, melainkan rumah itu akan dilakukan secara swadaya.

Bahkan kata dia, proses bangunan rumah yang berukuran 7x6 itu akan di tempati oleh Yusuf beserta keluarganya. Serta akan dibangun oleh dirinya beserta Lukman selaku tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga : Antisipasi Luapan Saat Hujan, Satgas DPUPRPKP Turun ke Lapangan Respon Keluhan Warga

"Jadi ini merupakan usulan pak Lukman. Bahwa ingin membangun rumah secara swadaya, karena kalau nunggu program rumah layak huni dari pemerintah tentunya harus nunggu tahun 2021 dan itu terlalu lama," ujar Ra Latief.

Sementara itu, Yusuf menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Bangkalan, karena sudah sudi membantunya untuk dibangunkan rumah.

"Bangganya luar biasa pak. Saya hanya ingin mengatakan banyak terima kasih kepada Bupati. Semoga ini berkah bantuannya," singkatnya dengan penuh rasa haru.