Gus Nur (berpeci putih) saat bersam anggota Bareskrim yang tengah mencari barang bukti diruangannya (Ist)
Gus Nur (berpeci putih) saat bersam anggota Bareskrim yang tengah mencari barang bukti diruangannya (Ist)

Sugi Nur Rahardja atau banyak dikenal sebagai Gur Nur, diamankan oleh tim Bareskrim Mabes Polri di Malang, Sabtu (24/10/2020) dinihari. 

Penangkapan tersebut merupakan tindak lanjut atas laporan dugaan tindak penyebaran informasi untuk menimbulkan kebencian atau permusuhan yang bermuatan penghinaan terhadap Nadhlatul Ulama (NU).

Baca Juga : Polresta Banyuwangi Kembalikan Pendemo Remaja yang Ditangkap ke Keluarganya 

 

Usai pengamanan, muncul sebuah video berdurasi 19 menit 52 detik yang menunjukkan detik-detik penangkapan Gus Nur yang diunggah di sebuah channel YouTube Bung Lubis 212.

Dalam video yang berjudul ‘Gus Nur Dijemput Mabes Polri Tengah Malam, Kok Tengah Malam ???, Ada Apa???’ tersebut menunjukan sejumlah orang yang tengah memeriksa dan mengeledah ruangan Gus Nur. 

Ruang yang digeledah tersebut nampaknya merupakan ruangan kerja Gus Nur. Hal itu dipastikan dari tulisan atau background di tembok belakang terdapat tulisan GN Office.

Di situ Gus Nur nampak mengenakan peci putih dan juga jas serta baju putih nampak terlihat santai menghadapi orang-orang yang diduga merupakan anggota Mabes Polri tersebut.  

Nampak dalam video, anggota Bareskrim tengah mencari barang-barang bukti dari ruangan kerja Gus Nur.

Tak lama setelah berada di dalam ruangan kerja, ia bersama anggota tersebut kemudian keluar dan menuju mobil Kijang Innova yang terparkir di depan rumah berplat nomor Jakarta. 

Di situ, ia sempat menunjukan raut wajah yang tetap santai dan sempat mengucapkan salam sebelum masuk ke dalam mobil.

Setelah itu, nampak seorang pria yang menghampiri Gus Nur di mobil. Begitu pintu terbuka, kembali lagi nampak raut wajah santai dari Gus Nur. 

Namun, di situ tatapan matanya terlihat sayu. Diduga karena memang saat penangkapan dirinya tengah beristirahat.

Tak hanya satu mobil, di depan rumah Gus Nur sendiri juga terdapat mobil-mobil lainnya yang terparkir dan diduga merupakan mobil yang digunakan anggota Mabes Polri.

Di dalam video juga terdapat keterangan jika anggota Bareskrim Mabes Polri kembali ke kantor Gus Nur sekitar pukul 02.48 WIB. Setelah itu, dalam video nampak seorang wanita yang diduga merupakan istri Gus Nur menggenakan mukena merah tengah berbincang dengan anggota Polri.

Baca Juga : Demo IMM Malang Raya Tolak UU Cipta Kerja di Kota Batu, Kapolres Batu Justru Beri Apresiasi 

 

Di sebuah meja, nampak anggota Polri menunjukan surat yang diduga surat penangkapan terhadap Gus Nur dan juga berkas-berkas lainnya terkait penangkapan Gus Nur.

Dalam video juga terdengar, jika anggota Bareskrim mengamankan beberapa barang milik Gus Nur  untuk dilakukan penyitaan. 

"Barang-barang ini sementara kami lakukan penyitaan untuk diperiksa," ungkap seorang anggota kepada wanita bermukena merah yang diduga istri Gus Nur.

Barang yang diamankan oleh pihak Bareskrim dilihat dari video terdapat sebuah laptop, HP maupun sarana wi-fi. Di situ, selain menjelaskan perihal barang-barang yang disita, pihak Bareskrim juga meminta wanita bermukena merah itu menandatangani berkas-berkas lainnya.

Hingga menit ke 19, video masih menunjukan pihak Bareskrim dengan wanita bermukena merah nampak sibuk dengan berkasnya.

Sebelumnya, Bareskrim menangkap Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur di Malang. Gus Nur ditangkap atas laporan dari NU lantaran dianggap telah menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan yang bermuatan SARA dan penghinaan.

Penangkapan Gus Nur dibenarkan oleh Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo seperti dikutip dari detikdotcom.

"Benar (Gus Nur ditangkap),"katanya.