Jatim Times Network Logo
29/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

TPA Buluh, DLH Sebut Akan Dialihkan Jadi TPS Terpadu dan Disulap Jadi Bukit Teletabis

Penulis : Imam Faikli - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - Dec - 2020, 08:07

Hamparan luas TPA Buluh, Socah Bangkalan (Foto: Istimewa)
Hamparan luas TPA Buluh, Socah Bangkalan (Foto: Istimewa)

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Buluh, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, direncanakan akan direvitalisasi menjadi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) terpadu.

Selain akan direvitalisasi menjadi TPS Terpadu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Anang Yulianto menyebutkan, akan menyulap TPA yang sempat ditutup oleh warga itu, menjadi bukit teletabis.

Baca Juga : DLH Sebut TPS3R di Bangkalan Segera Bisa Digunakan

 

"Tapi itu masih sebatas rencana, yang akan kami ajukan di tahun 2021 mendatang untuk dilelang," ujarnya, saat dihubungi, Rabu (23/12/2020).

Anang mengaku, peralihan TPA ke TPS Terpadu ini nantinya pastinya akan membutuhkan ruangan. Sebab, pengelolaannya kata dia membutuhkan ruangan.

"Contoh kayak sampah organik ke kompos itu membutuhkan waktu 7 hingga 10 hari parkir, jadi butuh ruangan," kata dia.

Namun dia menyebutkan bangunan yang ia rencanakan hanya membutuhkan lahan seluas 2000 meter persegi. Sisa lahannya akan dikonsep taman.

"Siapa tau nanti bisa jadi taman dan bisa dikelola oleh warga, makanya pembangunannya itu nanti agak ke selatas," ungkapnya.

Baca Juga : DLH Kota Batu Akan Perluas TPA Tlekung Mencapai 1,8 Hektar

 

Ada pun saat ini, Anang mengaku sementara masih proses rehabilitasi untuk mengolah sampah yang sudah ada di sana.

"Jadi sementara ini kami sementara sambil lalu proses rehabilitasi sampah yang sudah ada, baru nanti di tahun 2021 akan kami proses lebih lanjut," pungkasnya.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Imam Faikli

Editor

Sri Kurnia Mahiruni