Tampak proses kitan di kantor Desa Glintong, Klampis (foto: istimewa)
Tampak proses kitan di kantor Desa Glintong, Klampis (foto: istimewa)

BANGKALAN - Puluhan anak-anak di Desa Glintong, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur ikuti sunat masal secara gratis di kantor balai desa setempat, Rabu (13/1/2021).

Bendahara Gerakan Pemuda Peduli Kesehatan Masyarakat (GP2KM) Irma Nur Alfiani mengatakan, gerakan sunat masal yang dipelopori oleh dirinya beserta pengurus GP2KM yang lain itu bertujuan untuk membantu masyarakat agar tidak perlu membayar jika ingin menyunat anaknya.

Baca Juga : Kluster Perkantoran Terus Menyeruak, 22 Pegawai Dishub Kota Malang Terpapar Covid-19

"Kami hanya ingin memudahkan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dengan melakukan sunat masal secara gratis," ujar Mahasiswi Keperawatan di Ngudia Husada Madura (NHM) itu.

Sebab itu, Irma Nur Alfiani mahasiswi yang gemar disapa Irma itu mengaku, jika ingin melakukan sunat secara mandiri akan dikenakan biaya sekitar Rp 400 hingga Rp 500 ribu.

"Maka dari itu kami ingin mengurangi beban masyarakat Glintong, apalagi saat ini kondisinya sedang covid-19, apa-apa serba susah," ucap dia.

"Ini bentuk pengabdian kami, kepada masyarakat dan ingin memudahkan masyarakat dengan melakukan sunat masal secara gratis," imbuh dia lagi.

Tidak hanya itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan Sudiyo mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi adanya kegiatan sunatan masal tersebut. Sebab, kegiatan ini sangat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Baca Juga : Jokowi Sebut Gratis, Kota Malang Tetap Siapkan Rp 200 Miliar untuk Vaksin Covid

"Pemuda memang harus menjadi pelopor dalam segala hal yang bersifat memberikan edukasi terhadap masyarakat, utamanya dalam hal kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Glintong Suhairi, mengucapkan terima kasih kepada pemuda yang sudah melaksankan sunat masal di desanya.

Sebab kata dia, kegiatan itu sangat dirasakan oleh masyarakatnya, apalagi di tengah pandemi saat ini. "Terima kasih kami sampaikan, ini sangat bermanfaat bagi warga kami, semoga kegiatan yang semacam ini tidak lepas di sini saja," harapnya.