Vaksin Covid-19 di Bangkalan Belum Tersedia, Dinkes: Vaksinasi Ditunda | Bangkalan TIMES

Vaksin Covid-19 di Bangkalan Belum Tersedia, Dinkes: Vaksinasi Ditunda

Jan 14, 2021 19:41
Ilustrasi vaksin covid-19
Ilustrasi vaksin covid-19

BANGKALANTIMES - Kegiatan vaksinasi di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur yang direncanakan akan dilakukan tanggal 14 Januari 2021, nampaknya ditunda. Sebab, menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan Sudiyo, ditundanya vaksinasi di Kota Dzikir dan Sholawat, dikarenakan vaksin masih belum tersedia.

Harusnya, kata Sudiyo, Forkopimda beserta dirinya dilakukan vaksinasi hari ini. "Berhubung vaksinnya belum ada ya ditunda. Sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," ucap Yoyok sapaan akrab Kepala Dinkes Kabupaten Bangkalan ini, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga : Angka Kematian Covid-19 di Kota Malang Masih Tinggi, Ketersediaan Ventilator Terbatas

 

Adapun penundaannya, Yoyok mengaku masih menunggu info lebih lanjut dari pemerintah pusat. "Kalau info yang kami dapat kemungkinannya antara awal atau pertengahan bulan Februari," ujarnya.

Sementara ini, ia menuturkan, bahwa di Jatim yang mendapat jatah vaksin hanya di Kota Surabaya, Sidoardjo dan Gresik. "Hanya tiga daerah di Jatim yang mendapatkan vaksin. Sedangkan Kabupaten/Kota lainnya masih nunggu info lebih lanjut," jelas Yoyok.

Selanjutnya Yoyok menjelaskan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan pemberitaan tentang vaksinasi di berbagai media akhir-akhir ini. Sebab, pemberitaan yang beredar tentang vaksin yang dianggap membahayakan itu, menurut dia berita hoax.

"Jadi jika ada pemberitaan di koran, di media dan di youtube dan lainnya, itu adalah kegiatan di beberapa tahun yang lalu yang dinaikkan lagi," terangnya.

Padahal, kegiatan vaksinasi Covid-19 ini menurut dia tidak jauh berbeda dengan vaksin influenza, vaksin meningitis yang sudah bertahun-tahun dilakukan.

Baca Juga : Dimulai dari Grahadi, Tingkat Sensivitas Vaksin Sinovac 65,3 Persen

 

Bahkan, Yoyok menyebutkan, vaksin itu sangat efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

"Jadi masyarakat tidak usah bingung dengan berita-berita hoax itu. Harus difilter yaa, karena vaksin ini adalah cara untuk memutus penyebaran covid-19," tutupnya.

Topik
vaksinasi di bangkalan vaksinasi ditunda vaksin covid 19 bangkalan Dinkes Kabupaten bangkalan berita bangkalan

Berita Lainnya