Jatim Times Network Logo
31/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Tahap Awal, Puskesmas Peterongan Lakukan Vaksinasi Covid-19 Terhadap 49 Tenaga Kesehatannya

Penulis : Adi Rosul - Editor : Pipit Anggraeni

27 - Jan - 2021, 12:30

Salah satu nakes Puskesmas Peterongan saat divaksin. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Salah satu nakes Puskesmas Peterongan saat divaksin. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

JOMBANGTIMES - Puskesmas Peterongan, Kabupaten Jombang mulai melakukan vaksinasi covid-19 terhadap 49 tenaga kesehatan. Vaksin Sinovac yang diterima dari Pemkab Jombang ini, diharapkan bisa menjadi benteng para nakes dari paparan covid-19 selama melayani masyarakat di kota santri tersebut.

Kegiatan vaksinasi ini dilakukan di aula Puskesmas Peterongan, Rabu (27/1/2021)), sekitar pukul 09.30 WIB. Pada Puskesmas Peterongan ini, setidaknya ada 49 nakes yang akan menerima vaksin sinovac.

Baca Juga : Bupati Pamekasan Siap Divaksin Covid-19

 

Proses vaksinasi akan terbagi 2 tahap, yakni 24 orang menjalani vaksinasi pada pagi ini, dan 25 orang lagi akan mengikuti vaksinasi pada esok harinya, Kamis (28/1/2021) besok.

"Nakes Puskesmas Peterongan yang akan divaksin sejumlah 49 orang. Kita bagi 2 tahap, hari ini dan besok. Untuk hari ini kita lakukan untuk 24 orang, sisanya besok," terang Kepala Puskesmas Peterongan dr Helena Agestine Mayang Sari kepada JatimTIMES.

Dikatakan Helena, proses vaksinasi hari ini berjalan dengan lancar. Para nakes yang menjalani vaksinasi terlebih dahulu dilakukan penapisan kesehatan dan pemeriksaan tensi darah serta suhu tubuh. Hal itu bertujuan untuk memastikan kesehatan nakes sebelum dilakukan vaksinasi.

"Puji syukur, semua berjalan dengan lancar. Tidak ada keluhan juga pasca divaksin tadi, semuanya berjalan lancar," ujarnya.

Helena menyebut, vaksin Sinovac ini telah lama ditunggu kedatangannya. Ia berharap, vaksin ini bisa menjadi benteng para nakes agar terhindar dari paparan covid-19. Namun, walau telah dilakukan vaksinasi tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Setelah dilakukan vaksinasi, lanjut Helena, pelayanan kesehatan di Puskesmas Peterongan diharapkan bisa memberikan layanan ke masyarakat lebih baik dan lebih aman lagi.

Baca Juga : Pandemi, Peserta BPJS Ketenagakerjaan Tetap Peroleh Imbal Hasil di Atas Deposito

 

"Terima kasih kepada pemerintah pusat, provinsi dan Pemkab Jombang yang telah mengirim vaksin ke para nakes. Ke depan, para tenaga medis ini bisa memberikan pelayanan lebih aman, nyaman dan lebih baik lagi ke masyarakat," kata Helena.

Sebelum vaksinasi dilakukan, para tenaga medis Puskesmas Peterongan itu, terlebih dahulu mengikuti arahan Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang drg Subandriyah secara virtual. Sekaligus sebagai Pencanangan Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Jombang.

Untuk diketahui, Pemkab Jombang telah menerima 4.000 vaksin dari Pemprov Jatim. Di mana seluruhnya akan diberikan kepada 34 Puskesmas, 11 rumah sakit, 2 klinik (Klinik Polres Jombang dan Poskes Kodim 0814/Jombang). Pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara serentak pada 27-29 Januari 2021.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Adi Rosul

Editor

Pipit Anggraeni