Jangan Pernah Diusir, Ini 3 Pesan Allah Melalui Kucing yang Mendekat Saat Kamu Makan! | Bangkalan TIMES

Jangan Pernah Diusir, Ini 3 Pesan Allah Melalui Kucing yang Mendekat Saat Kamu Makan!

Jul 02, 2021 09:16
Ilustrasi kucing yang tengah diberikan makan (tanyadokterhewan)
Ilustrasi kucing yang tengah diberikan makan (tanyadokterhewan)

MALANGTIMES - Kucing merupakan hewan lucu yang banyak menjadi peliharaan. Dalam Islam, kucing bukalah hewan yang termasuk najis. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. 

Dari Abu Qutadah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya ia hanyalah binatang yang suka keluar masuk rumah kalian" (HR Shahih Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah).

Baca Juga : Polisi Bentuk Tim Khusus Usut Arisan Sosialita Brondong hingga Kejanggalan yang Dirasa Nadia Mulya

Bukan hanya itu, bahkan Allah SWT yang Maha Besar dan Maha Agung memiliki tiga pesan jika terdapat kucing yang mendekatimu. Lalu apa tiga pesan yang disampaikan Allah SWT itu?, berikut ulasannya.

Pesan pertama adalah hakikat memberi 

Rezeki yang didapatkan, tentu tak sepenuhnya merupakan hak milik. Terdapat hak-hak orang lain yang ada pada rezeki yang didapatkan. Hal itu bisa berupa zakat fitrah atau zakat harta yang ini harus ditunaikan sebagai umat Islam.

Namun jika mengingkarinya, hal itu merupakan kufur. Hal ini sesuai perkataan Imam An Nawawi dalam kitab Al Majmu Syarah Al Muhadzdzab. Beliau berkata, "Kewajiban zakat adalah ajaran agama Allah yang diketahui secara jelas dan pasti. Karena itu siapa yang mengingkari kewajiban ini, sesungguhnya ia telah mendustakan Allah dan mendustakan Rasulullah sehingga ia dihukumi kufur".

Zakat juga terdapat dalam Al-Quran, hal ini sesuai firman-nya. "Ambil zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut, engkau membersihkan dan mensucikan mereka"(QS At Taubah 130).

Dan sesuai dengan hal tersebut, ketika kucing datang saat seseorang tengah makan, konteksnya seseorang itu harus membagikannya juga dengan mahluk yang lain.

Pesan kedua adalah pesan kebaikan

Memberikan makan makhluk Allah, seperti salah satunya kucing, adalah salah satu bentuk kebaikan. Kebaikan yang dilakukan tentunya akan mendapatkan balasan setimpal dari Allah SWT, terlebih bila melakukannya dengan ikhlas.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Allah berfirman, 'jika hamba-ku bertekad untuk melakukan kejelekan, janganlah dicatat hingga ia melakukannya. Jika ia melakukan kejelekan tersebut, maka catatlah kejelekan satu yang semisal. Jika ia meninggalkan kejelekan tersebut karena-Ku, maka catatlah satu kebaikan untuknya. Jika ia bertekad melakukan satu kebaikan, maka catatlah untuknya satu kebaikan. Jika ia melakukan kebaikan tersebut maka, catatlah baginya 10 kebaikan yang yang semisal hingga 700 kali lipat" (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Mulai Besok, Berikut Aturan Lengkap PPKM Darurat Jawa-Bali

jika berbuat baik dengan manusia, maka cenderung mengharapkan balasan. Akan tetapi berbeda dengan ketika berbuat baik dengan hewan, termasuk kucing. Sebab, hewan tentu tak bisa membalasnya, yang itu artinya seseorang manusia belajar untuk ikhlas.

Pesan ketiga, tidak memberi berarti menolak rezeki

Apabila seseorang tak memberikan makan terhadap kucing yang mendekati, berarti seseorang itu telah menolak rezeki baru dari Allah SWT. Namun janganlah mengira jika rezeki itu berupa materi semata, namun termasuk seluruh aspek kehidupan.

Terdapat banyak sumber rezeki yang didapatkan. Salah satunya adlah sumber rezeki dari bersedekah. Hal ini sesuai firman-nya," siapakah yang mau memberikan pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan"(QS Al-Baqarah 245).

Sahabat MalangTIMES yang beriman, itulah tadi tiga pesan Allah SWT yang memberikan pesan dalam konteks kucing yang mendekati seseorang saat tengah makan. Apa yang diulas dari Islam Populer itu, kiranya memberikan makna positif untuk seseorang menjalani kehidupan dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sekian kisahnya, nantikan kisah menarik lainnya di MalangTIMES.com

Topik
alasan kucing mendekat kucing Rasulullah SAW alasan kucing mendekat

Berita Lainnya