Air PDAM Tidak Mengalir, Warga Konang Tetap Harus Bayar Tagihan | Bangkalan TIMES

Air PDAM Tidak Mengalir, Warga Konang Tetap Harus Bayar Tagihan

Sep 09, 2021 19:51
Sejumlah warga Kec. Konang saat melakukan audiensi di PDAM Sumber Pocong Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES) 
Sejumlah warga Kec. Konang saat melakukan audiensi di PDAM Sumber Pocong Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Masyarakat Desa Bandung, Kecamatan Konang, Kabupaten Bangkalan mengeluhkan saluran air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang tersebar di Kecamatan Konang. Sebab, saluran air PDAM di sana mengalami kemacetan dan hampir tidak merata tersalurkan terhadap warga sekitar. 

Koordinator audiensi Achmad Muzeki menjelaskan, kedatangannya ke PDAM, untuk meminta pelayanan perusahaan PDAM bisa lebih maksimal lagi. Khususnya terkait saluran air di Kecamatan Konang. 

Baca Juga : Kota Batu Masuk Zona Kuning Covid-19

"Kami lebih baik mati lampu dari pada air yang mati," ujarnya dihadapan pejabat PDAM Sumber Pocong, Kamis (9/9/2021). 

Muzeki mengaku, sudah sekitar 4 bulan, aliran air PDAM Konang tidak lancar ke rumah konsumen. "Tapi, meskipun air tidak lancar atau bahkan tidak mengalir sama sekali, konsumen masih harus tetap bayar," ungkapnya. 

Dengan kondisi yang seperti itu, Muzeki pun menuturkan, bahwa dirinya tidak ingin beli angin, melainkan ingin beli air. "Masyarakat sama halnya membeli angin, sebab kalau kran kita buka parameternya tetap berjalan. Untuk itu kami ingin PDAM segera menangani kondisi ini," tegasnya. 

Sekedar diketahui, di Kecamatan Konang ada 4 desa yang tersalurkan air PDAM. Diantaranya, Desa Sen-Asen, Bandung, Pakes dan Desa Konang. Dari empat desa tersebut, masing-masing mengalami masalah kurang lebihnya mencapai 50 persen. "Saluran air tidak merata, namun tagihan tiap bulan tetap berjalan," ujarnya lagi. 

Menanggapi hal itu, Kabag Adminitrasi dan Keuangan PDAM Bangkalan Bambang Haryanto mengatakan, ke depan ia akan melakukan pengaturan jadwal berdasarkan zona waktu. Entah itu 6 jam sekali, bergantung hasil kajian di lapangan. 

Baca Juga : Antisipasi Overload dan Kurangi Dampak Bau, DLHKP Normalisasi Kolam Air Lindi TPA Kota Kediri

"InsyaAllah besok akan ada aksi dan kita akan ada evaluasi selama dua minggu ke depan," ucapnya. 

Selain itu dia juga menjelaskan, bahwa sejauh ini warga Kecamatan Konang yang terdaftar sebagai konsumen air PDAM mencapai 883 KK (Kartu Keluarga).

Topik
Air PDAM tagihan air pdam pdam sumber pocong warga konang

Berita Lainnya