Kisah Ibu dengan Anak Down Syndrome: Saat Lahir Tak Mau Melihat Buah Hatinya | Bangkalan TIMES

Kisah Ibu dengan Anak Down Syndrome: Saat Lahir Tak Mau Melihat Buah Hatinya

Sep 15, 2021 11:25
Seorang ibu dengan anak down syndrome (Foto: Dok. Mstar)
Seorang ibu dengan anak down syndrome (Foto: Dok. Mstar)

JATIMTIMES - Viral di TikTok kisah seorang ibu yang anak perempuannya mengalami down syndrome. Awalnya ibu itu sedih saat mengetahui kondisi anaknya. Namun kini ia justru lebih bersyukur dan menyayangi buah hatinya itu. Kisah ini dibagikan melalui akun TikTok pribadi Azmanina Azihan yang akrab disapa Chibby. 

Melansir melalui Mstar, wanita 23 tahun itu melahirkan putri pertamanya pada 6 Juni 2020. Bayi dengan kondisi down syndrome itu diberi nama Nur Ariana Hessa. Saat kehamilannya berusia 7 bulan, dokter menyatakan jika bayinya itu mengidap kelainan genetik atau down syndrome. Awalnya hati Azmanina sulit menerima takdir itu.

Baca Juga : Melihat Adegan 'Panas' Harry Styles dalam Teaser Don't Worry Darling

"Saya tahu kondisinya ketika Hessa masih dalam perut. Saya memeriksa USG 5 dimensi, ketika kandungan berusia 7 bulan. Sejak saat itu kami dapat melihat dia ada simptom down syndrome dan jantungnya juga ada masalah," tutur Azmanina yang hatinya sungguh retak saat itu.

Mengetahui kabar itu, suami Azmanina pun berusaha menguatkannya. "Suami saya banyak memberikan semangat kepada saya pada waktu itu. Ketika Hessa lahir, dokter menyatakan kembali jika Hessa mengidap down syndrome," lanjutnya.

Azmanina terkejut dan masih shock dengan kondisi putrinya. Pada saat itu ia bahkan tidak mau melihat wajah bayinya sendiri ketika pertama kali lahir.

"Ketika melihat wajahnya tidak sanggup dan tidak menerimanya. Awalnya saya tidak mau menerima Hessa," kenangnya.

Namun seiring berjalannya waktu, Azmanina menyadari jika Hessa merupakan titipan Allah SWT. Dan bayinya itu adalah anugerah terindah dalam hidupnya. Setelah lahir, Hessa juga pernah berjuang karena jantungnya mengalami masalah. Di usianya yang masih bayi, ia harus menjalani pengobatan yang tidak murah. 

Ketika Azmanina mulai kelimpungan mencari dana untuk pengobatan Hessa, pintu rezeki pun mulai terbuka.

"Usai kelahiran Hessa, ada tiga lubang pada jantungnya. Alhamdulillah rezeki tak putus dan terus berdatangan. Hessa tidak pernah menangis, dia anak yang ceria. Kini jantung dia sudah aman dan tertutup," ucapnya lega.

Baca Juga : Pasien Baru Bertambah, Status Tuban Kembali PPKM Level 2

Kisahnya yang diunggah melalui TikTok menjadi viral. Azmanina justru mendapatkan banyak dukungan dari warganet. Ia juga menguatkan bagi pasutri yang memiliki anak down syndrome.

"Pesan saya kepada ibu-ibu di luar sana, seorang anak tak meminta dilahirkan begitu. Kita hanya bisa menerima, anak merupakan pembawa rezeki. Abaikan saja mulut orang lain, mereka tidak mengalaminya sendiri," pesannya.

Pada akun media sosialnya, Azmanina juga menyebutkan jika 4 tahun belakangan berbisnis di bidang fashion. Ia bersyukur meski saat ini masih dalam kondisi pandemi, bisnisnya bisa tetap berjalan.

"Sejak belum menikah saya sudah berjualan pakaian. Sejak mempunyai anak, saya masih handle. Karena pandemi ini saya tetap harus mencari rezeki. Alhamdulillah walaupun pandemi masih melanda masih ada permintaan terhadap koleksi saya," tutupnya.

Topik
anak down syndrome kisah ibu miliki anak down syndrome akun tiktok

Berita Lainnya