Gaya Rambut yang Cocok untuk Berbagai Bentuk Muka | Bangkalan TIMES

Gaya Rambut yang Cocok untuk Berbagai Bentuk Muka

Apr 30, 2022 09:24
Jessica Jane (sumber gambar : instagram.com/@jessiccajane99)
Jessica Jane (sumber gambar : instagram.com/@jessiccajane99)

JATIMTIMES - Berbeda dengan gaya rambut yang bisa ditata sesuka hati, potong rambut tak boleh dilakukan sembarangan jika tak ingin menyesal. Pasalnya, sebelum memilih gaya rambut, Anda perlu mengetahui dan memahami bagaimana bentuk wajah Anda.

Selain itu, model  rambut yang sesuai bentuk wajah bisa menyeimbangkan porsi wajah dan membuatnya terlihat lebih ideal. Bentuk wajah yang dimiliki perempuan tentunya berbeda-beda. Ada yang punya  bentuk wajah kotak, bulat, persegi, panjang, diamond, segitiga, hingga oval.

Baca Juga : Hidden Gem yang Bisa Dijadikan Tempat Piknik Bersama Keluarga setelah Lebaran

Agar tampilan wajah Anda lebih terlihat proporsional, berikut berbagai tips mengenai gaya rambut yang cocok berdasarkan bentuk wajah. 

Wajah Bulat dan Rambut Bob

Park Bo Young (instagram.com/boyoungofficiall)

Bentuk wajah bulat memiliki karakteristik yang cukup mudah dikenali. Biasanya, lebar dari tulang pipi kanan hingga kiri sama seperti panjang wajah dari atas ke bawah. Wajah bulat memiliki ukuran dahi dan rahang yang lebih sempit dibandingkan tulang pipi dan panjang wajah.

Bagi Anda yang memiliki bentuk wajah bulat, pemilihan model rambut bob sebahu sangatlah direkomendasikan. Kemudian, usahakan rambut tidak sejajar dengan dagu. Pasalnya, jika wajah Anda bulat dan tembem, gaya rrambut Anda tidak akan kelihatan mencolok dan membuat wajah Anda kelihatan lebar. Di sisi lain, jika potong rambut pendek di bawah dagu, akan membantu Anda mengurangi tampilan pipi tembem pada wajah Anda.

Bentuk Wajah Hati

Lili J Collins (instagram.com/@lilyjcollins)

Salah satu bentuk wajah yang paling unik adalah bentuk wajah hati. Pasalnya, wajah berbentuk hati selalu memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan lebarnya. Selain itu, pemilih wajah ini cenderung memiliki bentuk dagu yang lancip.

Jika ingin terlihat proporsional, Anda perlu memilih gaya rambut yang dapat menonjolkan area mata dan tulang pipi. Hal ini supaya tampilan dagu Anda tidak terkesan terlalu lancip. Dengan bentuk wajah hati, gaya rambut yang paling cocok adalah  rambut berponi.

Bentuk Wajah Kotak

Cinta Laura (instagram.com/@claurakhiel)

Pemilik bentuk wajah kotak cenderung memiliki garis rahang yang sangat tegas. Mayoritas, ukuran panjang dan lebar dalam bentuk wajah kotak akan terlihat sama. Selain itu, tulang pipi, rahang dan dahi pun memiliki ukuran yang sama lebarnya.

Bentuk wajah kotak kebalikan dari bentuk wajah bulat. Gaya rambut bob pendek sejajar dengan dagu dan pemotongan rambut yang rata adalah rekomendasi yang cocok untuk bentuk wajah ini. Sebab, gaya rambut seperti itu dan potongannya yang rata adalah perpaduan yang serasi.

Wajah Oval

Jessica Jane (instagram.com/@jessicajane99)

Berbeda dengan bentuk wajah lainnya, bentuk wajah oval memiliki kecocokan dengan berbagai jenis gaya rambut. Kebanyakan, wajah oval memiliki ciri-ciri panjang wajah yang lebih besar dibandingkan ukuran lebar pipi. Wajah oval cenderung memiliki dahi yang lebar.

Bentuk wajah yang yang dinilai paling proporsional ini memang bebas memilih gaya rambut seperti apa saja. Kendati demikian, pemilih bentuk wajah oval perlu menghindari gaya rambut beehuve, donut bun, dan spike. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan tampilan proporsional pada wajah Anda.

Bentuk Wajah Panjang

Lucy Liu (instagram.com/@lucyliu)

Pemilihan gaya rambut pada bentuk wajah ini bukanlah perkara yang sulit. Bentuk wajah yang dinilai panjang dari ukuran lebar pipi ini sempat menjadi momok dalam penataan gaya rambutnya. Rambut panjang yang natural dan sedikit curly cenderung dipilih karena takut memilih gaya rambut yang lain.

Namun, jika Anda ingin terlihat lebih proporsional, Anda bisa mencoba memberikan poni depan berpotongan rata. Selain itu, rambut curly yang pendek sebahu juga bisa dijadikan rekomendasi. Untuk jenis bentuk wajah ini, Anda sebaiknya menghindari gaya rambut panjang yang lurus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Gaya Rambut Bentuk wajah Rambut dan wajah Model rambut dan wajah

Berita Lainnya