Jatim Times Network Logo
31/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

5 Rekomendasi Museum Perjuangan Bangsa di Jakarta yang Wajib Banget Dikunjungi

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

20 - Aug - 2022, 12:01

Museum Fatahillah di kompleks Kota Tua, Jakarta.
Museum Fatahillah di kompleks Kota Tua, Jakarta.

JATIMTIMES - Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus menjadi momen yang paling ditunggu oleh rakyat Indonesia.  Berbagai lomba diselenggarakan untuk memeriahkan hari ulang tahun tanah air tercinta itu.

Namun, mengadakan lomba saja tidak cukup. Orang tua sebaiknya memperkenalkan juga perjuangan pahlawan kepada generasi bangsa, yaitu anak.

Baca Juga : Kinerja Impresif Ekonomi Nasional Persembahan Terbaik pada HUT Ke-77 RI di Tengah Krisis Global

Memperkenalkan sejarah bangsa bisa dengan mengunjungi museum-museum yang memiliki makna sejarah bagi para pahlawan bangsa.

Dilansir dari Instagram @vradiofm, ada 5 rekomendasi museum yang wajib dikunjungi jika ingin wisata sejarah. Museum apa sajakah itu, berikut penjelasannya.

1. Museum Fatahillah

Museum sejarah Jakarta merupakan salah satu museum favorit di Jakarta. Museum ini berlokasi di Jalan Taman Fatahillah Nomor 1, Pinangsia Jakarta Barat. Tepatnya di tengah-tengah kawasan Kota Tua. Museum ini dulunya merupakan gedung kota di era pemerintahan VOC di Batavia. 

2. Joang 45

Museum Gedung Joang 45 mungkin tidak sebesar museum lain di Jakarta. Namun keberadaannya menjadi saksi bisu sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia tahun 1945. 

Gedung Joang berlokasi di Jalan Menteng Raya No. 31 Jakarta Pusat. Arsitektur museum ini bergaya Belanda dengan ciri pilar-pilar tinggi dan besar di bagian depan bangunan.

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Baca Juga : Hubungan Semakin Serius, Thariq Ingin Pertemukan Fuji dengan Keluarga Besarnya, Tapi Belum Sempat

Museum Perumusan Naskah Proklamasi berada di Jalan Imam Bonjol 1, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Sebelum menjadi museum, bangunan ini merupakan tempat tinggal Laksamana Muda Tadashi Maeda. Ia merupakan seorang perwira tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di Hindia Belanda pada masa Perang Pasifik.

4. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi merupakan bangunan yang dibangun sebagai peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Monumen ini berdiri bersama Tugu Petir dan Monumen Pahlawan Proklamator Soekarno-Hatta di kompleks Taman Proklamasi di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat.

5. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda adalah museum sejarah perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di perlintasan Kramat Raya No. 106 Jakarta Pusat. Museum ini memiliki koleksi foto dan benda-benda terkait sejarah Sumpah Pemuda 1928 serta kegiatan-kegiatan dalam pergerakan nasional kepemudaan Indonesia.

Nah itu dia 5 rekomendasi museum di Jakarta yang wajib untuk dikunjungi. Mempelajari sejarah perjuangan Kemerdekaan RI akan menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak. Dengan begitu, anak sebagai generasi bangsa bisa jauh lebih menghargai perjuangan yang sudah dilakukan oleh para pahlawan bangsa. 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy