Jatim Times Network Logo
29/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kendalikan Harga, TPID Kota Kediri Gelontor 12 Ton Beras Medium

Penulis : Bambang Setioko - Editor : Nurlayla Ratri

14 - Sep - 2022, 06:32

Untuk mengendalikan harga bahan pangan pokok di Kota Kediri, Pemkot Kediri bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di beberapa titik di wilayah Kota Kediri pada Rabu, (14/9). Foto: Dok (Pemkot Kediri)
Untuk mengendalikan harga bahan pangan pokok di Kota Kediri, Pemkot Kediri bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di beberapa titik di wilayah Kota Kediri pada Rabu, (14/9). Foto: Dok (Pemkot Kediri)

JATIMTIMES - Untuk mengendalikan harga bahan pangan pokok di Kota Kediri, Pemkot Kediri bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di beberapa titik di wilayah Kota Kediri pada Rabu, (14/9/2022). 

Dilangsungkan selama 4 minggu ke depan, 12 ton beras medium digelontorkan dengan harga lebih rendah dari pasaran di 8 titik yang ada di Kota Kediri. Mulai dari Kecamatan Kota, Mojoroto dan Pesantren.

Baca Juga : Jambore PAUD Kota Kediri, Bunda Fey: Ajarkan Keberagaman Pada Anak-Anak

Tanto Wijohari, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri menuturkan dengan adanya kebijakan penyesuaian harga BBM yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat,  berimbas pada kenaikan beberapa harga bahan pangan pokok. 

Foto: (Dok. Pemkot Kediri)

"Pemerintah Kota Kediri bersama TPID melakukan gerak cepat dengan melakukan OPM. Hal ini menjadi upaya kami untuk mengendalikan harga dan tingkat inflasi supaya tetap terjaga sesuai dengan arahan pemerintah pusat bahwa inflasi harus tetap berada dibawah 5 persen," ungkap Tanto Wijohari, Rabu (14/9).

Pada OPM gelombang pertama ini TPID Kota Kediri memfokuskan pada bahan pokok beras lebih dulu karena tingkat konsumsi yang cukup besar. Selain itu, Tanto Wijohari juga menjelaskan beras menjadi kontributor inflasi nomor tiga di Kota Kediri.

Lebih lanjut Tanto Wijohari mengimbau kepada masyarakat  agar tidak khawatir menanggapi adanya kenaikan harga bahan pangan pokok yang saat ini terjadi.

Foto: (Dok. Pemkot Kediri)

"Yang jelas masyarakat tidak panic buying. Tetap membeli sesuai kebutuhan dan berbelanja lebih bijak. Tidak perlu khawatir, karena Pemkot Kediri akan selalu mengawasi dan mengontrol," ujarnya.

Baca Juga : Belanja Semakin Lengkap Ceria, Graha Bangunan Hadirkan Promo September Sip

 

Tanto Wijohari juga menegaskan bahwa tidak menutup kemungkinan OPM juga akan dilakukan kembali jika terdapat bahan pokok lainnya yang mengalami kenaikan harga.

Sementara itu, antusias masyarakat terlihat jelas saat diadakan OPM minggu pertama di Kecamatan Kota Kediri. Salah satunya Sunarsih yang sangat merasa terbantu dengan adanya OPM.

"Alhamdulillah sangat membantu dan juga meringankan karena terdapat perbedaan harga dibandingkan toko-toko biasanya. Mungkin ke depan ada bahan pokok lain yang juga dijual di sini selain beras, karena bahan-bahan pangan yang lain juga sudah mengalami kenaikan harga", tutur Sunarsih.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Bambang Setioko

Editor

Nurlayla Ratri