Jatim Times Network Logo
29/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Pecinta Bunga dan Tanaman Hias, Wajib Banget Datang ke Sidomulyo Floral Festival 2022

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

18 - Oct - 2022, 01:24

Flyaer Sidomulyo Floral Festival 2022. (Foto: Dinas Pariwisata Kota Batu)
Flyaer Sidomulyo Floral Festival 2022. (Foto: Dinas Pariwisata Kota Batu)

JATIMTIMES - Merayakan hari ulang tahun yang ke-21 Kota Batu dan Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafsnas), Desa Wisata Bunga Sidomulyo unjuk potensi dengan menggelar Sidomulyo Floral Festival 2022. Gelaran festival bunga bakal berlangsung pada 21-29 Oktober 2022 mendatang.

Event ini diselenggarakan oleh Badan Usaha Desa (Bumdes) Sidomulyo Mulyo Joyo bersama Pemkot Batu salah satunya Dinas Pariwisata. Gelaran ini juga didukung oleh Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kota Batu sebagai lokomotif ekonomi kreatif.

Baca Juga : Tabur Bunga di TMP Tandai Puncak HUT Partai Golkar Lumajang

Event ini mengusung tema ‘Wonderland Sidomulyo’, Sidomulyo Floral Festival merupakan salah satu rangkaian acara Oktober Fest Gekrafs Batu yang diharapkan dapat menjadi pemantik kebangkitan bisnis tanaman hias Desa Sidomulyo.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Sidiq  mengatakan, event ini juga menjadi salah satu kegiatan untuk meramaikan HUT Kota Batu. Sekaligus untuk membangkitkan bisnis florikultura di Desa Sidomulyo.

“Nanti juga akan ada peluncuran laman e-commerce mallbungakotabatu.com saat penutupan yaitu laman komersil daring tanaman hias pertama di Kota Batu,” ucap Arief. 

Lewat event ini juga upaya untuk mengenalkan kepada wisatawan potensi tanaman hias yang ada di sana.

Rencananya nanti Menparekraf Sandiaga Uno bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa akan membuka pada 22 Oktober. Beragam kegiatan pun bakal dihadirkan selama even ini berlangsung.

Flyaer Sidomulyo Floral Festival 2022. (Foto: Dinas Pariwisata Kota Batu)

Ada lomba, seperti lomba hias kampung, lomba dekorasi taman (landscape), lomba fotografi, lomba videografi. Lalu ada lomba fashion anak dan remaja, lomba fashion carnival, lomba floral culinary, lomba merangkai bunga, lomba dekorasi pelaminan, dan lomba floral bride make up.

Baca Juga : Anniversary Pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Ada Prosesi Lepas Merpati Simbol Kesetiaan

Selain itu, diselenggarakan juga expo landscape, make up artist, dekorasi pelaminan, dan bazaar floral culinary.  Tidak hanya itu, Sidomulyo Floral Festival juga bekerjasama dengan pelaku kopi Kota Batu seperti Janus Café, Kembar Djaja Café, Greenrock Café, dan Beuja Street Coffee.

Para pelaku kopi menyediakan kesempatan pelatihan barista gratis bagi warga Desa Sidomulo yang ingin belajar meracik aneka suguhan kopi kekinian. Melalui lomba cipta menu floral culinary, kreasi menu terbaik akan dipilih untuk menjadi bagian dari menu andalan kafe Mall Bunga Sidomulyo.

Sedang, Sidomulyo Floral Festival tidak hanya menjadi ajang promosi dan pesta rakyat, namun juga harapan dari Desa Sidomulyo agar masyarakat dapat tetap mempertahankan tanaman hias sebagai mata pencaharian dan ikon desa. (*)


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri