Jatim Times Network Logo
31/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Buktikan Kecintaannya pada Ulama dan Pesantren, Ratusan Santri Asshomadiyah Gelar Upacara Hari Santri 

Penulis : Imam Faikli - Editor : Nurlayla Ratri

22 - Oct - 2022, 06:57

Tampak, ratusan santri Asshomadiyah saat melakukan upacara peringan HSN di halaman pondoknya (Foto: Dok/Ist) 
Tampak, ratusan santri Asshomadiyah saat melakukan upacara peringan HSN di halaman pondoknya (Foto: Dok/Ist) 

JATIMTIMES - Membuktikan kecintaan terhadap ulama dan pesantren, Pondok Pesantren (Ponpes) Asshomadiyah di Kecamatan Burneh, Bangkalan, Madura menggelar Upacara Hari Santri Nasional (HSN), Sabtu (22/10/2022). 

Tampak, ratusan santri Ponpes Asshomadiyah berpanas-panasan di bawah teriknya matahari, guna memperingati HSN dan membuktikan bahwa mereka sangat cinta terhadap santri dan patuh kepada ulama. 

Baca Juga : Wali Kota Kediri: Pelestarian Kebudayaan Butuh Kerja Sama Semua Pihak

Upacara HSN yang dimulai dari jam 07.30 hingga selesai tersebut, dilaksanakan dengan antusias oleh santri Ponpes Asshomadiyah. 

Majelis Keluarga Ponpes Assomadiyah Makky Al Hamid, Gus Makky menyebutkan bahwa digelarnya upacara HSN ini sebagai bentuk kecintaan terhadap tokoh ulama terdahulu yang telah berjuang untuk bangsa. 

"Kita sebagai kaum sarungan, patut bersyukur dan berbangga hati, karena berkat ulama juga, Indonesia merdeka," kata Gus Makky, kepada BangkalanTIMES. 

Gus Makky mengaku senang dan bangga, karena diresmikannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, menandakan bahwa perjuangan Ulama dan Santri diakui oleh dunia.  

Selain itu, Gus Makky juga senang, karena tahun ini bisa melaksanakan upacara, setelah tahun sebelumnya terkendala oleh Pandemi Covid-19. 

Baca Juga : Ketua DPRD Surabaya: Kita Berutang Budi ke Santri dan Pesantren

Dia menyebut bahwa peringatan HSN tahun ini berbarengan dengan bulan kelahiran baginda Nabi Muhammad SAW, sehingga setelah upacara Ponpes Asshomadiyah juga dimeriahkan dengan Maulid Nabi. 

"Semoga, gerakan yang kita lakukan ini menuai barokah dari pendahulu kita dan juga Nabi Muhammad SAW," lanjutnya. 

Untuk diketahui, diresmikannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, mengacu pada Resolusi Jihad yang diinstruksikan Kh. Hasyim Asy'ari bersama para ulama dan santri untuk membulatkan tekad dalam melakukan jihad membela tanah air dari penjajah.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Imam Faikli

Editor

Nurlayla Ratri