Jatim Times Network Logo
31/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

66 Anggota Panwascam Kabupaten Blitar Resmi Dilantik, Dituntut Bekerja Profesional

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

28 - Oct - 2022, 12:20

Prosesi pelantikan 66 Anggota Panwascam Kabupaten Blitar.(Foto : Bawaslu for JATIMTIMES)
Prosesi pelantikan 66 Anggota Panwascam Kabupaten Blitar.(Foto : Bawaslu for JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar melantik 66 panwascam yang bertugas di tahapan Pemilu Serentak 2024, Kamis (27/10/2022).

Pantauan JATIMTIMES, pelantikan yang dipusatkan di salah satu hotel di Kota Blitar ini dilakukan langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Halam Solahudin. Agenda ini dihadiri langsung Bupati Blitar Rini Syarifah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Blitar, dan camat se-Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Peringatan Sumpah Pemuda 2022, KNPI Tulungagung: Pemuda Harus Berkontribusi Nyata dan Berkolaborasi  

 

Saat diwawancarai awak media, Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Sholahudin meminta kepada seluruh panwascam (panitia pengawas kecamatan) yang dilantik agar menjalankan tugasnya dengan totalitas. Dirinya juga berpesan agar seluruh panwascam berpegang teguh pada SIMP.

"Saya ucapkan selamat kepada 66 panwascam yang baru dilantik. Dan ingat, dalam menjalankan tugas harus berpegang teguh pada soliditas, integritas, mandiri, dan profesionalisme (SIMP)," kata Hakam.

Hakam menambahkan, setelah resmi dilantik, panwascam langsung mendapatkan pembekalan. Selanjutnya, mereka harus segera mengadakan pleno untuk memilih ketua dan divisi.

"Ada 3 divisi sesuai dengan peraturan Bawaslu terkait tata kerja dan tata hubungan.  Ini yang harus segera dilakukan oleh panwascam," tegasnya.

Lebih dalam Hakam menyampaikan, pihaknya juga meminta 66 panwascam segera berkordinasi dengan camat di masing-masing wilayah. Koordinasi ini diperlukan untuk menentukan kantor kesekretariatan. Dia juga meminta PNS yang diperbantukan sebagai sekretaris dan bendahara.

"Mereka juga akan menjalankan tugas dan wewenang. Seperti melakukan pengawasan verifikasi keanggotaan parpol, dan pengawasan pemutakhiran data pemilih," tukasnya.

Baca Juga : Gercep Sambut Pileg 2024, PKB Kota Blitar Resmi Buka Pendaftaran Bacaleg 

 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan 66 Panwascam yang resmi dilantik hari ini merupakan bagian dari penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan. Dirinya meminta panwascam agar bekerja secara profesional agar tahapan-tahapan Pemilu 2024 nantinya dapat berjalan dengan lancar.

"Saya ucapkan selama kepada panwascam yang hari ini dilantik. Selamat menjalankan tugas sesuai dengan kewenangan dan kewajiban karena dalam menjalankan tugas harus berada pada koridor-koridor tugasnya," kata Mak Rini, sapaan bupati. (Adv/Kmf)

 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy